Kemenag Buka Posko Pengaduan Terkait Biro Haji dan Umroh Nakal

 238 total views,  2 views today

Ilustrasi Haji | Ist

Ilustrasi Haji | Ist

PALEMBANG – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel, mulai saat ini sudah membuka posko pengaduan masyarakat agar mereka tidak tertipu lagi dengan agen-agen perjalanan haji dan umroh ilegal. Posko ini juga dibuka di tiap Kemenag dan KUA di 15 Kabupaten/Kota se-Sumsel. Posko tersebut selain hadir untuk menampung pangaduan juga menjadi pusat informasi jemaah yang ingin berangkat ke tanah suci.

Humas Kemenag Sumsel, Saefuddin Latief mengungkapkan, mulai Maret mendatang posko tersebut baru dioperasionalkan. Selain sebagai posko untuk menertibkan travel haji dan umroh juga akan menampung pengaduan bentuk lainnya.

“Dengan begitu, jika ada jemaah yang di daerah merasa ada masalah dengan travel bersangkutan, cukup laporkan KUA atau Kemenag yang berada di daerahnya masing-masing,” katanya, kemarin.

Saefuddin menuturkan, akhir-akhir ini cukup banyak kejadian yang menimpa jemaah haji maupun umroh di Sumsel, mulai dari gagal diberangkatkan penyelenggara hingga yang lebih
menyedihkan lagi ada yang sampai terlantar di negara asing berhari-hari tanpa ada kepastian.

Untuk itu, lanjutnya, hadirnya posko tersebut diharapkan dapat meminimalisir kasus penipuan jemaah haji yang akhir-akhir cukup marak terjadi.

“Beberapa kejadian penipuan membuat banyak jemaah disini dirugikan, tentunuya kita terus berinisiatif untuk meminimalisir hal itu,” ucapnya.

Menurut dia, posko pengaduan tersebut juga sesuai dengan instruksi Kemenag Pusat dimana kemenag di daerah telah memiliki kewenangan untuk menindak dan mengawasi penyelenggara travel haji dan umroh yang nakal.

Sebelumnya, Kepala Kemenag Sumsel, H Hambali menegaskan, seiring dengan adanya kejadian tersebut pihaknya mengimbau masyarakat jangan mudah percaya dengan iming-iming bisa langsung berangkat jika ditawari agen ilegal tersebut.

“Patut dicurigai bila terdapat penawaran berangkat umroh dan haji dengan harga yang murah,” pungkasnya.

 

TEKS       : IMAM MAHFUZ
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster