Kawasan Ribang Kemambang Bakal ‘Disulap’ jadi Kebun Buah Kota

70 total views, 3 views today

Lahat – Upaya untuk menambah kawasan terbuka hijau nampaknya terus diupayakan oleh jajaran Pemkab Lahat kedepannya. Salah satunya seperti yang terlihat kemarin (26/2), di kawasan hutan wisata ribang kemambang. Bupati H Saifudin Aswari Rivai SE, secara langsung memimpin upaya pembukaan lahan yang ada tersebut.

Adapun kawasan yang kemarin secara langsung dibuka dan dipersiapkan oleh pihak Pemkab Lahat, segenap pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan segenap SKPD, yaitu meliputi sebagian kawasan hutan wisata ribang kemambang.

“Kita bukannya merusak. Pohon-pohon yang ditebang, yang memang usianya tua, tak produktif, dan kita bakal ganti dengan bibit-bibit yang baru, bibit-bibit tanaman pohon buah,” ungkap Aswari.

Dilanjutkannya, penanaman bibit pohon buah ini sendiri sesuai dengan rencana awal. Dimana pemkab Lahat selain ingin menambah kawasan ruang terbuka hijau yang ada, juga ingin menambahkan daya tarik bagi kawasan hutan wisata ribang kemambang sendiri kedepannya.

“Ribang Kemambang ini salah satu ikon Lahat juga, jadi keberadaannya jelas mesti dirawat dan dijaga. Nah, kita punya impian dan rencana, di sini nantinya akan ada kawasan taman buah, sehingga daya tariknya bertambah,” tegas Aswari lagi.

Terpisah, Wakil Ketua III KONI Lahat, Ferli Sumarno SE, didampingi Waka IV, Raswan Anshori SE menambahkan, selain akan membuka lahan atau kawasan guna disulap menjadi taman buah kota,

Di sini juga akan dilakukan berbagai pembenahan, meliputi bagian-bagian fasilitas yang sudah ada, dan kondisinya sudah agak tak terawat.

“Di sini ada pondok-pondok, fasilitas olahraga alam, dan kondisinya sudah bisa dikatakan rusak. Ini semua akan bersama-sama kita perbaiki atau remajakan, sehingga kedepan akan lebih menarik lagi minat masyarakat untuk berkunjung ke kawasan ribang kemambang ini,” tukasnya.

 

 

TEKS        : JUMRA ZEFRI

EDITOR    : FJ ADJOJG

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com