Hati-hati, Ada KK Palsu !

 1,589 total views,  2 views today

Ilustrasi KK | Ist

Ilustrasi KK | Ist

KAYUAGUNG – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kholik Hamdan, melalui Sekretarisnya, Agus Pauji, mewanti-wanti masyarakat waspada dalam membuat Kartu Keluarga (KK) agar jangan terjadi seperti yang sudah-sudah, adanya KK palsu.

“Untuk itu kalau mau buat KK harus datang langsung ke kantor kita melalui loket pelayanan,” kata Agus Pauji, kepada Kabar Sumatera, Kamis (26/2).

Menurut Agus, belajar dari pengalaman, ditangkapnya beberapa petugas pembuat KK dan KTP di instansinya oleh pihak kepolisian waktu lalu. Membuat pihaknya harus ektra hati-hati agar hal memalukan itu tidak terulang lagi.

“Kita juga sudah berhentikan mereka yang memalsukan KK dan KTP itu, insyaallah kedepan pelayanan kita tingkatkan dengan penuh kehati-hatian,” kata Agus, kemarin.

Dikatakannya, pihaknya juga telah mengintruksikan anak buahnya agar jangan sekali-kali bermain-main mengulangi hal memalukan itu.

“Kita juga imbau kerja yang benar kepada mereka.”ungkapnya.

Lanjut dia, tinggi tingkat permintaan masyarakat terhadap permohonan pembuatan KK, membuat instansi itu tak pernah sepi dari pelayanan publik. Setiap hari saja rata-rata bisa menerbitkan 200 lembar KK.

“Kita akui, karena banyak permintaan jadi paling lama bisa seminggu selesai. Namun bagi warga yang memang mendesak membutuhkan KK akan kita bantu percepat penyelesaiannya, misalnya untuk rujukan,” terangnya.

Ditegaskan, pelayanan pembuatan KK tidak dipungut biaya. Kalau ada yang minta tolong laporkan. Nanti akan berhentikan, dan satu sudah berhentikan.

Ditambahkannya, agar masyarakat tidak tertipu, dia memberikan tips untuk membedahkan KK asli dan aspal.

“Kalau KK aspal nomor NIK nya tidak terdaftar di data base, komputer kita. Jadi kalau mau buat KK tolong bawah juga KK lama, biar kita bisa cek asli atas palsu,” jelasnya.

 

TEKS        : DONI AFRIANSYAH

EDITOR    : FJ ADJONG

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster