Tidak Disiplin, Lima PNS Pemprov Sumsel Dipecat

 320 total views,  2 views today

Ilustrasi PNS | Dok KS

Ilustrasi PNS | Dok KS

PALEMBANG – Sebanyak enam Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Sumsel dijatuhi hukuman kedisiplinan. Lima diantaranya diberhentikan, dan satu orang diberi sanksi Tunda Kenaikan Pangkat (TKP) selama tiga tahun kedepan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Mukti Sulaiman mengatakan, penegasan disiplin ini dilakukan apabila ada pegawai negeri yang tidak masuk sampai dengan 49 hari tanpa ada pemberitahuan. Sehingga, pihaknya memberikan tindakan keras kepada lima orang pegawai negeri tersebut.

“Untuk yang satu lagi, kami tunda kenaikan pangkatnya karena tidak mengikuti aturan dalam kepegawaian,” tegasnya usai rapat dewan pertimbangan pelaksanaan penjatuhan hukuman disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS), di ruang kerjanya, Selasa (24/2).

Dia menambahkan, upaya penegakan disiplin bagi para pegawai yang ada di lingkungan Pemprov Sumsel akan terus dilakukan. Terutama dalam Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) tercantum bahwa penilaian pegawai didasarkan kinerja yang dilakukan dalam pembayaran tunjangan. Sehingga dirinya menghimbau pegawai yang lain tidak melakukan kejadian serupa.

“Bagi pegawai yang lain, dapat menjadikan ini sebagai pelajaran. Agar penegakan disiplin tidak perlu dilakukan lagi,” tambahnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, Muzakir menolak membeberkan nama dan dari instansi mana saja keenam PNS yang diberhentikan ini.

“Kami tidak boleh menyebutkan identitas yang bersangkutan karena menyalahi etika,” katanya saat dihubungi via telepon.

Ia menjelaskan lebih lanjut, salah satu pegawai yang diberi sanksi hanya berupa penundaan pangkat karena adanya kesalahan pimpinannya, sehingga Bedanya kelalaian pimpinan yang bersangkut. Sehingga kesalahan bukan hanya milik yang bersangkutan.

“Jadi karena kelalaian pimpinannya, yang bersangkutan tidak tercatat ia masuk bekerja, padahal ia bekerja,” paparnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengakui belum mengetahui secara pasti, perihal enam PNS Pemprov Sumsel yang diberi sanksi kedisiplinan tersebut. Terkait satu pegawai yang diberi sanksi akibat kelalaian pimpinan, dirinya akan mencari tahu lebih lanjut.

“Saya coba cek dulu. Nanti, bila memang benar pimpinan tersebut terbukti lalai dan menyebabkan pegawai terkena sanksi, pimpinannya akan kena tegur dan juga sanksi,” pungkasnya.

 

TEKS       : IMAM MAHFUZ

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 


TAG



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster