STQ Ajang Menimba Ilmu Al Quran

10 total views, 3 views today

Bupati OI H. Mawardi Yahya dan undangan saat menyambut salah satu peserta STQ. | Dok KS

Bupati OI H. Mawardi Yahya dan undangan saat menyambut salah satu peserta STQ. | Dok KS

INDRALAYA – Ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kabupaten Ogan Ilir (OI) tahun 2015 jangan hanya dijadikan ajan perlombaan semata, malinkan harus dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas dalam membaca Al Quran.

Hal tersebut diungkapkan Bupati OI, H. Mawardi Yahya saat membuka STQ tingkat Kabupaten di Gedung Serba Guna, Komplek Perkantoran Terpadu (KPT), Pemkab OI, Tanjung Senai, Indralaya, Selasa (24/2).

Lanjut Bupati, kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun ini bukan hanya mencari juara untuk dipersaingkan ditingkat yang lebih tinggi melainkan untuk mendidik anak-anak dan penerus bangsa untuk cerdas dalam membaca Al Quran.

“Karena Al Quran bisa memberikan tuntunan kita di dunia dan di akherat apabila sering kita baca dan amalkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Kesra OI, Bahrus Syarief, mengatakan pelaksanakan STQ tahun 2015 ini menyeleksi para tahfiz Al Quran dan qori/qoriah dari 16 kecamatan yang di Bumi Caram Seguguk.

Menurutnya, sebanyak 360 orang yang terdiri dari 320 peserta dan 40 dewan hakim siap menyemarakkan acara tahunan ini.

“Semua peserta dan dewan hakim kita pondokkan di Gedung LPMP Sumsel yang ada di Indralaya. Nantinya para peserta tilawah yang berhasil mendapatkan juara akan diberikan trofi dan uang pembinaan mulai dari peringkat 1,2,3 dan harapan,” jelas Bahrus Syarief.

Bahrus Syarief menambahkan, STQ ini akan menjaring bakat – bakat pembaca Al Quran yang nantinya akan diusung dan bersaing di tingkat Sumsel.

Selain itu bagi yang mendapatkan juara umum atau yang paling banyak mendapatkan juara dalam setiap cabang akan diberikan piala bupati bergilir.

“Sementara, bagi yang berhasil mendapat juara pertama pada cabang masing-masing akan diikutsertakan lomba STQ tingkat provinsi Sumatera Selatan yang akan berlangsung di Kabupaten Lahat pada Mei mendatang untuk mewakili Kabupaten OI,” bebernya.

STQ tingkat Kabupaten Ogan Ilir (OI) tahun 2015, berlangsung selama empat hari tepatnya pada 24-27 Februari 2015 mendatang. STQ dibuka langsung oleh Bupati OI Ir. H.Mawardi Yahya.

Selain bupati, acara tersebut dihadiri Wakil Bupati OI, HM Daud Hasyim, Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat, Sekda OI, H. Sobli, Ketua TPPKK Hj Fauziah Mawardi, pejabat di lingkungan Pemkab OI dan undangan.

 

Teks      : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com