Pemkab Muara Enim Anggarkan Dana Pilkades Rp2 M

 376 total views,  2 views today

MUARAENIM – Pada 2015 ini, Pemkab Muaraenim menganggarkan dana melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 2 milyar. Dimana, pada tahun ini, ada sebanyak 100 desa se-Kabupaten Muaraenim akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

“Kita anggarkan dana sebesar Rp 2 milyar untuk Pilkades tahun ini melalui dana APBD. Berdasarkan data kita, ada 100 desa melaksanakan Pilkades tahun ini yang tersebat di 20 Kecamatan se-Kabupaten Muaraenim. Hal ini, sesuai dengan Undang – undang (UU) Nomor 6 tahun 2014 tentang desa,” tutur Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD), Fajeri Erham, melalui Kepala Bidang Administrasi Dan Pemerintahan Desa, Mei Fajarharyadi, kemarin (24/2).

Mei mengungkapkan, dana per desa yang dianggarkan untuk menyelenggarakan Pilkades sebesar Rp10 Juta. Dimana, dana tersebut digunakan untuk semua pembiayaan Pilkades, seperti pembuatan kartu suara pelantikan, undangan pencoblosan, gaji panitia, dan operasional panitia.

Berdasarkan aturan baru, seorang Kades boleh menjabat selama dua periode, dimana sebelumnya bisa menjabat hingga tiga periode. Sedangkan untuk masa jabatan tidak ada perubahan, tetap selama 6 tahun jabatan seorang pejabat kades.

“Nantinya, besar kemungkinan akan dilakukan pelantikan Kades serentak di Kantor Bupati Muaraenim atau juga di Balai Agus Serasan Sekundang (BASS) Rumah Dinas Bupati Muaraenim,” pungkasnya.

 

TEKS        : SISWANTO

EDITOR    : FJ ADJONG

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster