Kualitas Pendidikan Perlu Ditingkatkan

 423 total views,  2 views today

PALEMBANG – Guna meningkatkan mutu pendidikan Muhammadiyah, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah  (Dikdasmen) Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Selatan (Sumsel) berikan pelatihan kepada seluruh guru Muhammadiyah yang tergabung dalam Sekolah Menengah Atas (SMA) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah Se-Kota Palembang, acara ini sendiri digelar di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, Selasa, 24/2.

Ketua Majelis Dikdasmen PWM Sumsel, Dr Haryadi M.Pd mengatakan, guru-guru yang tergabung dalam Muhammadiyah, baik itu dari SMA, SMK, MA maupun Aisyiyah  harus memiliki komitmen menjalani fungsinya sebagai seorang guru yang profesional, dalam arti bagaimana meningkatkan mutu dan kualitasnya yang bisa menjadi contoh bagi siswanya.

“Faktor utama keberhasilan mutu belajar tergantung dari guru, sehingga dengan diadakan pelatihan seperti ini. Diharapkan guru bisa meningkat kualitasnya,” ungkap Haryadi.

Selain peningkatan mutu pendidikan, dalam pelatihan ini juga diberikan pengetahun tentang strategi belajar yang berkaitan dengan metode Kurikulum 2013 (K-13), sebagai persiapan untuk menghadapi K-13 pada tahun 2018 mendatang. Seperti diketahui, saat ini hanya SMA Muhammadiyah 1 Palembang yang telah menerapkan K-13, sekolah SMA lain yang berada di bawah naungan Muhammadiyah.

“Kita juga berikan pelatihan tentang  K-13, mulai sekarang sudah dipersiapkan agar kedepan seluruh sekolah Muhammadiyah bisa menerapkan K-13,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama,  Dr H Rusdy A Siroj M.Pd menjelaskan, belajar bukan dengan cara menghafal, tapi bagai mana siswa mengerti dan memahami materi yang diberikan guru. Sebab dengan memahami, tentu siswa akan lebih mudah mengikuti ujian. Kalau hanya dengan menghafal, ilmu yang diajarkan tidak membekas.

“Dalam proses belajar mengajar di kelas, guru memberikan materi terhadap siswa dengan cara memahami makna, bukan dengan menghafal definisi dari yang diajarkan,” ungkapnya.

Pelatihan ini diikuti 46 peserta dari perwakilan masing-masing sekolah, diantaranya kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru yang mengajar di SMA, SMK, dan MA Muhammadiyah se-Kota Palembang. Hadir sebagai pemateri, Dr Haryadi M.Pd, Drs H Alwi Zainuddin, dan  Dr H Rusdy A. Siroj MPd.

Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah (PWM) Sumsel menggelar pelatihan ini bukan hanya di Kota Palembang, melainkan di kabupaten dan kota di Sumsel. Rencananya akan difokuskan selama tahun 2015. “Pengurus wilayah memiliki kewajiban untuk mengingatkan untuk pembinaan ini. Nanti bukan hanya di Kota Palembang, tapi akan dilaksanakan di kabupaten dan kota di Sumsel. Jadi  selama tahun ini, akan difokuskan kesana,” ungkap Haryadi.
TEKS        : ANDI HARYADI

EDITOR    : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster