Bulog Distribusi 19 Ribu Ton Raskin

 402 total views,  4 views today

Salah satu gudang Beras di Jl. Lintas Selatan, Pemulutan, Ogan Ilir. | Dok KS

Ilustrasi Gudang Bulog | Dok KS

PALEMBANG – Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sumsel di Kolonel Haji Burlian Kilometer (Km) 9 Palembang, luncurkan 19 ribu ton Raskin, Senin (23/2). Raskin ini akan diberikan kapada 17 Kabupaten kota se-Sumsel kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang sudah terdata.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memang membawahi Perum Bulog memberikan beras raskin keseluruh indonesia, salah satunya Sumatera Selatan Sumsel, untuk memenuhi kebutuhan Pangan.

Dari 17 Kabupaten Kota yang dipasok, akan diberikan kepada Rumah Tangga sasaran yang jumlahnya 419,579 ribu.

Basirun, Kepala Perum Bulog Divre Sumsel dan Babel mengatakan, raskin yang diluncurkan ini untuk memenuhi pangan masyarakat miskin Sumsel mulai periode Januari hingga Maret 2015.

“Ini kita berikan per Januari Hingga Maret 2015, harga yang kita berikan juga hanya Rp 1600 untuk satu kilo nya. Dan setiap RTS akan mendapat jatah 15 kilo dalam satu bulan. Jadi selama tiga bulan ini total yang didapat oleh RTS sebanyak 45 kilo,” ujarnya.

Jika adanya penyimpangan dalam dalam penyaluran ini pun, pihaknya mengharapkan kepada masyarakat dan Kabupaten kota untuk melaporkan ke pihak Drive Bulog Sumsel Babel.

Raskin yang diberikan berkualitas medium, dan stok raskin merupakan simpanan Bulog dari tahun lalu. Kebutuhan April hingga dengan Juni tahun 2015 mendatang akan di stok dari hasil panen pada bulan-bulan tersebut.

“Kemungkinan pada bulan-bulan itu akan terjadi panen raya, maka dari itu stok untuk di Sumsel akan terus bertambah, sehingga juga bisa memenuhi kebutuhan periode selanjutnya,” katanya.

Peluncuran ini pun sebagai penyeimbang kebutuhan untuk pangan Sumsel, dikarenakan raskin sebanyak 19 ribu ton ini diharapkan dapat membantu warga untuk sehari-hari.

“Ini hanya sebagai penyeimbang untuk kebutuhan masyarakat, juga menstabilkan harga beras dipasaran yang harganya pun saat ini sedang melonjak. Tetapi dengan adanya raskin ini masyarakat bisa lebih terbantu,” ujar Mukti Sulaiman, Sekda Pemprov Sumsel.

Tentang oprasi pasar-pasar sendiri pasca pendistribusian raskin ini, pihaknya mengungkapkan belum akan melakukan, dikarenakan akan memantau kondisi pasar terlebih dahulu, bila dalam keadaan mendesak baru akan dilakukan.

“Kalau sekarang belum, jika mendesak nanti akan kita lakukan,” ucapnya.
TEKS        : YUNI DANIATI

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster