Buku Bernuansa Islam Paling Banyak Diminati

 631 total views,  14 views today

Tampak pengunjung sedang memperhatikan buku-buku bernuansa Islami. | Foto : Yuni Yungfe

Tampak pengunjung sedang memperhatikan buku-buku bernuansa Islami. | Foto : Yuni Yungfe

PALEMBANG – Buku bernuansa islam seperti novel dan buku-buku lainnya lebih banyak di gemari oleh pelanggan ketimbang novel remaja yang bernuansakan percintaan.

Toko Buku Discount yang terletak di Jalan Sudirman, memang banyak sekali menyedikan buku-buku, antaralain buku pelajaran tentang kesehatan dan novel.

“Kita fokusnya dibuku-buku kuliah dan novel atau buku yang bernuansa islami. Seperti Asmanadia, novelnya juga paling laris, kalau untuk pelajaran banyak yang cari kesehatan, terus juga untuk buku tentang hukum kita lengkap. Kalau untuk novel remaja yang bernuansa percintaan atau yang lain itu malah kurang,” kata Mia, selaku  Supervisor, Selasa (24/2).

Banyak sebagian pelanggan toko buku ini adalah mahasiswa, yang notabennya memang buku-buku pelajaran yang dicari.

“Anak kuliah itu 70 persen yang belanja kesini, selebihnya kebanykan bapak-bapak yang biasanya mencari buku-buku islam. Mahasiswa yang sudah terbiasa disini, biasanya langsung pesan banyak, bisa kisaran 40 eksemplar dengan empat judul buku sekaligus, kalaupun ada yang beli novel paling hanya sampingan,” ucapnya.

Buku-buku yang dijual langsung dari pusatnya di kota Bandung. Maka dari itu jika untuk pesanan harus dengan kuantiti yang banyak.

“Pesan bisa, harus dalam jumlah yang banyak, karena kita tidak mau membebankan ongkos kirim kepada customer,” ujarnya.

Biasanya untuk bulan januari ini omset akan meningkat, dikarenakan kampus-kampus terutama Universitas Palembang (Unsri) sudah habis masa libur.

“Bulan Januari ini kebanyakan mahasiswa yang datang, itu tadi mereka langsung pesan dalam jumlah banyak, biasanya mereka itu Perkelas untuk pesan bukunya, untuk swasta itu lain lagi, sekitar bulan Maret baru mereka banyak yang pesan, karena bulan tersebut mereka sudah masuk kuliah,” tuturnya.

Harga yang diberikan mulai dari Rp 4000 sampai dengan Rp 4 juta, tergantung juga dengan buku-bukunya. Dan juga toko buku ini selalu memberikan diskon untuk-buku yang ditentukan.

“Harga relatif, yang Rp 4 juta pun ada, seperti buku Ensiklopedia Hadist, itu satu paket isinya delapan buku, kebanyakan juga yg beli bapak-bapak. Kalau diskon kita selalu berikan dari 10 sampai 15 persen, untuk buku kesehatan dan Gramedia kita kasih 10 persen, dan selebihnya semua buku diskon 15 persen,” katanya.

 

TEKS       : YUNI DANIATI

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster