Demokrat Menilai Muchendi Layak Pimpin Ogan Ilir

10 total views, 3 views today

Muchendi Mazareki | Dok KS

Muchendi Mazareki | Dok KS

PALEMBANG – Partai Demokrat (PD) Sumatera Selatan (Sumsel) menyatakan dukungan bulat kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk kembali menjabat kembali sebagai Ketua Umum (Demokrat-1). Sementara tentang calon kepala daerah pada Pilkada Kabupaten Ogan Ilir (OI) PD Sumsel menetapkan Muchendi Mazareki, satu-satunya kader Demokrat yang dinilai layak dan pantas maju sebagai kepala daerah disana.

Menurut Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sumsel, Chairul S Matdiah pihaknya pada pemilihan pergantian pengurus untuk lima tahun mendatang akan tetap memberikan dukungan kepada mantan Presiden keenam Indonesia SBY.

“Kita di Sumsel bulat tetap mendukung Pak SBY kembali memimpin Demokrat,” ujarnya saat dibincangi di ruangan pribadinya di DPRD Sumsel (23/02).

Pada kesempatan itu Wakil Pimpinan DPRD Sumsel ini juga menyanggah jika dukungannya kepada Muchendi sebagai pernyataan pribadi. Chairul mengatakan, pernyataan itu tak hanya dari dirinya pribadi saja, namun juga penilaian Partai yang juga ikut mendukung putra Wakil Gubernur Sumsel, Ishal Mekki itu untuk mau pada Pilkada di OI mendatang.

“Ini bukan hanya pernyataan pribadi, tapi juga penilaian partai. Karena dinilai, nama Muchendi itulah satu-satunya kader Demokrat yang saat ini layak dan pantas, “ujar dia.

Namun, beberapa kali dikonfirmasi wartawan, Muchendi selalu menyatakan kalau dirinya belum siap dan belum layak ikut Pilkada di OI. Sementrara, Chairul mengatakan, jika partai sudah memerintahkan, maka tidak ada kata lain kecuali harus siap.

“Jika pengakuan Pak Muchendi belum siap, itu tidak bisa. Sebab sebagai kader partau harus siap,” ujarnya.

Naun demikian, Chairul menyebutkan pihaknya juga akan menghargai pendapat Muchendi. Oleh sebab itu, Chairul menyebutkan, meski hasil penilaian partai dan pribadinya, pihaknya juga akan tetap menanyakan kesiapan Muchendi secara pribadi.

“Dan memang diakuinya hasil dari suara Pileg lalu, itu menjadi patokan dalam memajukan kader sebagai Kepala Daerah. Bulan enam nanti, akan kita tanyakan langsung kesiapan Muchendi tersebut. Harus nomor satu jangan wakil. Kader yang inisiatif maju banyak,” jelasnya.

Bika beberapa waktu lalu Muchendi mengaku belum siap maju menjadi kepala daerah di OI, dinilai Chairul mungkin salah satu faktornya usia. “Sebab sebelumnya memang terdengar kabar aturan untuk berkompetisi menjadi bupati atau wali kota minimal berusia 30 tahun dan gubernur minimal 35 tahun. Tetapi kan sekarang sudah ditetapkan kembali jika untuk menjadi bupati/wali kota usia minimal 25 tahun menjadi gubernur minal 30 tahun. Jadi sekarang usia Muchendi sudah masuk,” ujarnya.

Sementara untuk wakil hingga sekarang masih dikaji. Menurut Chairul, yang penting seiring dan sejalan dengan visi dan misi. “Kita pasti akan menjalankan survei terlepas demokrat mencalonkan dari kader atau eksternal ,” ujarnya.

Tentang calon lain menurut Chairul masih digodok.

“Kita ada tim 9 dalam melakukan hal itu. Untuk kader di Ogan Ilir hanya Muchendi yang layak dan pantas dengan hasil suara terbanyak di Dapil tersebut saat Pileg 2013 silam dengan meraih sekitar 7000-an suara,” tambah Chairul.

 

TEKS        : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR     : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com