Muhammadiyah Lahat, Siap Berbenah

 238 total views,  2 views today

LAHAT – Saat ini Sekolah Menengah Umum (SMU) Muhammadiyah Lahat sedang mengalami kemerosotan. Hal inilah yang kini menjadi “pekerjaan rumah” bagi pengurus, baik Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) maupun Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah) Muhammadiyah sendiri. Sebab masyarakat menginginkan agar Muhammdiyah tetap hidup dan bersinar seperti sebelumnya.

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Erlambang, kepada Kabar Sumatera mengatakan, dirinya berharap agar pendidikan di bawah naungan bendera Muhammadiyah dapat bersinar dan menjadi sekolah kebanggaan di Kabupaten Lahat.

“Dapat kita lihat, saat ini memang sedang mengalami kemerosotan, namun jika kita tetap berusaha, Muhammadiyah akan meningkat dan harum kembali seperti dulu lagi. Sebab jika semua ini tercipta akan menjadi kebanggaan bagi kita sebagai pengurus Muhammadiyah di Kabupaten Lahat,” bebernya.

Dirinya juga mengatakan, siswa di Muhammadiyah baik SD, SMP maupun SMA juga diharapkan agar bisa bersaing dengan sekolah lainnya agar Muhammadiyah bisa menjadi kebanggan bersama.

“Tidak banyak yang kami inginkan, melainkan kemajuan pendidikan Muhammadiyah serta menjadikan pendidikan di Muhammadiyah ini unggul di segala bidang. Untuk itu, kami juga harapkan kepada tenaga pendidik agar mengajar dengan sebaik mungkin sehingga semua ini tercipta dan bukan hanya hisapan jempol belaka,” tuturnya.

Terpisah, aktivis Muhammadiyah di Palembang, Yusron Masduki, menyebutkan keberhasilan dan kualitas sebuah lembaga pendidikan akan sangat tergantung kualitas pendidiknya. Oleh sebab itu, baik lembaga pendidikan yang di bawah naungan Muhammadiyah maupun non Muhammadiyah, seharusnya menilik kembali kualitas tenaga didiknya. Bila kurang memiliki kemampuan dilakukan pelatihan atau sejenis penguatan materi, baik materi akademik dan non akademik, seperti membangun mindset dan mentalitas.

“Kalau itu yang dimaksimalkan, ke depan guru tidak hanya akan sekadar rutinitas, tetap juga bertanggungjawab bagaimana kualitas anak didiknya setelah mereka tamat,” tegasnya, belum lama ini.

 

TEKS        : JUMRA ZEFRI

EDITOR    : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster