Jumlah Warga Miskin di Palembang Tertinggi di Sumsel

 221 total views,  2 views today

ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan pembangunan dan ekonominya yang maju pesat, tapi ternyata Palembang masih punya warga miskin yang terbanyak di Sumsel.

Apriyadi, Kepala Dinas Sosial Sumsel berkata, warga miskin masih sangat banyak di kota Palembang bahkan paling tinggi dari 16 kabupaten di Sumsel.

“Jumlahnya tertinggi, dikarenakan Palembang adalah ibukota provinsi yang penduduk nya banyak dari perantauan, dan yang ada di pikiran mereka peluang untuk hidup di kota itu lebih menjanjikan. Kalau orang kaya dari desa yang pindah kekota mana ada,” ujarnya setelah peresmian distribusi raskin di kantor Perum Bulog Divisi (Drive) Regional Sumsel Babel, Senin (23/2).

Dari data warga miskin yang memperoleh raskin dari Bulog yaitu sebanyak 72,178 ribu Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang diberikan juga kabupaten Ogan Komring Ilir (OKI) yang jumlahnya mencapai 51,068 ribu dan tertinggi ketiga oleh Kabupaten Banyuasin dengan total 42,337 ribu RTS.

Dari pihaknya berkeinginan agar jumlah warga yang ada di Palembang, terutama di Sumsel dalam satu tahunnya bisa turun sebanyak satu persen, tetapi selalu saja banyak kendala untul realisasinya.

Apa lagi dengan peningkatan Bahan Baku Minyak (BBM) juga disusul dengan melonjaknya harga kebutuhan bahan pokok untuk sehari-hari yang bakal menyulitkan target Dinsos Sumsel.

“Keinginan kita itu dalam satu tahun bisa satu persen warga miskin di Sumsel itu menurun, tetapi ada beberapa faktor yang membuat target itu sulit di realisasikan. Apa lagi sekarang yang tiba-tiba di awal tahun  kebutuhan sehari-hari dan BBM Melonjak,” katanya.

Tapi disisi lain, ada beberapa kota di Sumsel yang mempunyai warga miskin paling sedikit, seperti kota Prabumulih dengan 8,799 ribu RTS, kota Lubuk Linggau dengan 8,583 ribu RTS dan untuk peringkat ketiga di duduki kota Pagar Alam dengan 5,468 ribu  RTS.

 

TEKS           : YUNI DANIATI

EDITOR       : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster