Jalan Menuju Semende Rawan Longsor

 361 total views,  2 views today

Salah Satu Titik Longsoran Di Desa Batu Surau Kecamatan SDT Kabupaten Muara Enim. | Foto : Siswanto

Salah Satu Titik Longsoran Di Desa Batu Surau Kecamatan SDT Kabupaten Muara Enim. | Foto : Siswanto

MUARAENIM – Para pengendara yang melintas di jalan umum, tepatnya di Tiga Kecamatan yakni Semende Darat Laut (SDL), Semende Darat Tengah (SDT dan Semende Darat Ulu (SDU), harus berhati-hati, karena daerahnya tersebut sekarang rawan longsor, lantaran hujan yang sering terjadi.

Pantauan Kabar Sumatera, kemarin (23/2), terlihat di beberapa titik terdapat longsor yang sangat membahayakan hingga memakan badan jalan.

Pemerintah setempat telah memberikan imbauan berupa rambu-rambu dan papan peringatan supaya berhati-hati, namun hal tersebut karena kondisi cuaca sekarang ini memasuki musim penghujan sewaktu-waktu bisa terjadi longsoran baru karena tanah yang labil.

“Pada 2014 lalu, Pemerintah telah membangun bronjong atau dinding penahan longsor, namun karena tak kuat menahan beban air di saat hujan, bronjong tersebut juga amblas dan terbawa longsoran. Seperti yang terdapat di desa Tebing Abang Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT),” tutur Al-Kafi (43), salah seorang sopir Angkutan Pedesaan Muaraenim-Semende.

Dirinya mengatakan, sekarang ini banyak sekali longsor baik diatas jalan maupun dibawah badan jalan. Kerusakan terparah yang membuat sebagian aspal amblas. Adapun besarnya longsor tersebut bervariasi dari yang kecil bahkan sudah ada yang memakan badan jalan.

“Tak jarang kendaraan banyak yang terperosok karena kondisi jalan yang licin, badan jalan sempit serta banyaknya tikungan,” ucapnya.

Sementara itu, Camat SDU, Drs Tasman mengatakan, pihaknya telah melaporkan ke Bupati Muaraenim melalui Badan Penanggulangan Bencana Daearah (BPBD), namun sampai sekarang belum ada realisasi lanjutan.

“Kita berharap, BPBD Muaraenim segera turun tangan mengatasi permasalahan tersebut, sehingga akses jalan tidak terputus akibat longsor,” terangnya.

TEKS : SISWANTO

EDITOR : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster