“Hadiri Rapat Paripurna Jangan Diwakilkan”

 375 total views,  2 views today

PAGARALAM – Seiring lajunya rapat paripurna yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pagaralam dalam sepekan terakhir, banyak Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak menghadiri kegiatan dimaksud hingga menjadi sorotan pihak legislatif.

Terkait hal itu, Ketua DPRD Kota Pagaralam, Ruslan Abdul Gani SE mengatakan, sidang paripurna yang diadakan tersebut agenda penting dan semestinya harus dihadiri para Kepala SKPD. Mengingat kegiatan dimaksud menyangkut pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) yang diajukan pihak eksekutif ke legislatik.

“Pembahasan raperda itu ada yang menyangkut kepentingan publik, idealnya jika dihadiri para kepala SKPD yang ada,” paparnya kemarin.

Ditambahkan, bila sama-sama menghadiri pembahasan program kerja dimaksud, tentunya masih ada waktu bila ingin melakukan pembenahan sebelum sebuah peraturan disepakati.

Menurut Wakil Ketua 1 DPRD Kota Pagaralam, Dedi Standza, masih melihat banyaknya para SKPD yang kerap melakukan perjalanan dinas luar (DL) di saat berlangsungnya jadwal sidang paripurna.

“Ya, agenda rapat yang digelar itu sangat penting. Apalagi raperda yang dibahas berhubungan dengan dinas terkait, justru kerap diwakilkan,” sebutnya.

Dalam setiap kesempatan rapat, lanjutnya, banyak hal yang harus dicermati para kepala satker guna mengetahui secara langsung hasil raperda yang diusulkan.

Terpisah, Ketua LSM Indonesian Public Service Wacth Kota Pagaralam, M. Helmi HZ mengemukakan, agar pihak eksekutif dan legislatif mesti sama-sama hadir dalam rapat paripurna. Terlebih hal menyangkut kebijakan publik.

“Pihak eksekutif maupun legislatif harus hadir bersama-sama dalam pelaksanaan sidang paripurna. Termasuk pula kalangan dewan harus hadir dan lengkap, jangan suka bolos dan bermalas-malasan,” harapnya.

 

TEKS        : ANTON STEFEN

EDITOR    : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster