139 Desa di OKI tak Miliki Koperasi

 599 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Masih banyak desa di Kabupaten OKI yang sampai saat ini tidak memiliki koperasi. Berdasarkan data

Sedikitnya tercatat 139 desa di Kabupaten Ogan komering Ilir (OKI) yang tidak memiliki koperasi dan 339 desa sudah mempunyai koperasi. Namun sekitar 50 persen diantaranya, tidak aktif.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi (Disperindagkop) OKI, Hery Susanto, didamping Kabid Koperasi, M Rusdan Malik menjelaskan, dari ratusan desa yang belum memiliki koperasi terdapat disejumlah kecamatan, seperti Kecamatan Kayuagung, ada 14 desa tak punya koperasi.

Sedangkan Kecamatan SP Padang ada 10 desa, Pangkalan Lampam, 15 desa, Pampagan 13 desa, Jejawi 12 Desa, Tajung Lubuk 13 desa, Pedamaran 7 desa, Tulung Selapan 11 desa, Lempuing 5 desa, Lempuing Jaya 4 desa, Air Sugihan 7 desa, Mesuji Raya 1 desa, Mesuji 3 desa, Sungai Menang 7 desa dan Cengal 5 desa.

“Sementara untuk Kecamatan Pedamaran Timur semuanya sudah miliki koperasi,” terang Rusdan.

Dia menerangkan, desa yang belum memiliki koperasi umumnya disebebkan beberapa hal. Seperti kurangnya kesadaran masyarakat dalam bekerjasama, kurangnya potensi dalam menggali sumber daya di daerah itu sendiri, dan masih tingginya ego masyarakat untuk hidup sendiri-sendiri.

Oleh karena itu, kata dia, tahun ini sebanyak 50 koperasi baru yang akan berdiri. Diharapkan pengurusanya harus memiliki syarat yakni memiliki jiwa wirausaha.

“Kalau mau maju dan berkembang syarat ketua dan pengurusnya harus memiliki jiwa wirausaha,” ungkapnya.

Dia membandingkan, keberadaan koperasi di wilayah Lempuing dan Mesuji dinilai mengalami kemajuan dan perkembangan. Hal ini disebabkan lantaran para anggota koperasi dan pengurus sangat antusias dengan koperasi. Berbedah dengan koperasi di kawasan seperti SP Padang dan lain sebagainya yang kerap tak peduli.

“Misalnya kita adakan kegiatan pelatihan mereka tidak mau hadir. Jadi bagaimana mau maju,”ujarnya.

Rusdan mengaku optimis, selama empat tahun kedepan semua desa OKI sudah memiliki koperasi.

“Insyaallah kita optimis, ini kan program pak bupati,” tandasnya.

 

TEKS        : DONI AFRIANSYAH

EDITOR    : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster