Waspada Penyakit Unggas Mengintai

 434 total views,  2 views today

PAGARALAM – Menghadapi cuaca yang sudah tak menentu melanda Bumi Besemah seperti sekarang ini, membuat berbagai penyakit mudah menular siap mengintai. Misalnya flu, penyakit yang menyerang unggas baik ayam,itik dan lainnya sejauh ini semakin mengganas hingga menimbulkan khawatiran warga.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kota Pagaralam, Sukman melalui dokter hewan Disnakkan, drh Anhar menjelaskan, cuaca ekstrim yang sudah tak menentu seperti saat ini banyak terdapat hewan unggas terkena berbagai penyakit, mulai dari ngorok, tidak mau makan, keluar lendir dari hidung hingga mengeluaran kotoran hijau bercampur putih.

Sehingga unggas yang terjangkit penyakit seperti itu biasanya terkena snot dengan gejala ngorok dan mengeluarkan lendir.

“Kalau demikian adanya, unggas yang mati tersebut segera disingkirkan agar tidak menular dengan cara dikubur atau dibakar, selanjutnya bersihkan kandang,” pesannya.

Sebagai antisipasi agar penyakit menular tidak menyerang unggas lanjutnya, biasakan mengontrol hewan peliharaan setiap hari, mulai dari memberi makanan dan minuman secara teratur hingga membersihkan kandang dari kotoran hewan minimal satu minggu sekali dengan cara disterilkan.

“Saat ini memang ayam atau unggas mudah sekali terserang penyakit hingga berujung pada kematian. Untuk itu biasakan mengontrol kandang ternak dan memberi makanan dan minuman secara teratur,” katanya.

 

TEKS       : ANTONI STEFEN

EDITOR    : FJ ADJONG

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster