Sudah Ditetapkan Tersangka, Kades Suryakarta tak Kunjung Ditahan

 1,238 total views,  2 views today

ilustrasi | Dok KS

KAYUAGUNG – Walaupun pihak Kejaksaan Negeri Kayuagung, OKI telah menetapkan Kades Suryakarta, Kecamatan Mesuji Makmur, Purnomo bersama seorang PNS OKI yang pernah bertugas di Disnakertras, Jasno yang tersangkut kasus kerupsi pungli program pembuatan sertifikat gratis, pada Maret 2014 lalu, sampai saat ini tak kunjung ditahan. Padahal, penetapan mereka sebagai tersangka sudah hampir satu tahun.

Kejaksaan Negeri Kayuagung beralasan saat ini penyidik melengkapi berkas perkaranya untuk dilimpahkan ke Jaksa Penuntut.

“Awalnya kita menetapkan PR oknum kades Suryakarta sebagai tersangka dalam kasus ini, lalu dalam pengembangan terhadap tersangka PR, akhirnya kita mendapatkan satu nama berinisial Jas, salah seorang PNS di lingkungan Pemkab OKI.” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Kayuagung, Viva Hari Rustaman, kepada wartawan.

Dari hasil penyidikan pihaknya telah menetapkan dua orang tersangka diduga telah bersama-sama melakukan tindak pidana dengan melakukan pungutan tidak sah dalam pembuatan sertifikat gratis bagi ratusan peserta transmigrasi di Desa Suryakarta tahun 2011.

Dalam kasus ini menurut Viva, proses penyidikan sudah dalam tahap pemberkasan untuk segera dilimpahkan dari Jaksa penyidik ke jaksa penuntut.

“Dalam waktu dekat berkas perkara akan segera dilimpahkan ke jaksa penuntut, jika berkas lengkap maka akan langsung kita limpahkan barang-bukti berikut para tersangkanya,” tambahnya.

Ditambahkan Kasi Pidsus Kejari OKI, Erick Yudistira, program sertifikat gratis dari Kemenakertran, khusus untuk Desa Suryakarta ada sebanyak 216 persil, seharusnya tidak dipungut biaya sedikitpun, tetapi oleh oknum kades dipungut Rp3.200.000-4.000.000, bervariasi.

Untuk di OKI sendiri tahun 2011 ada bantuan sebanyak sebanyak 1500 lembar sertifikat gratis kepada masyarakat trasmigrasi di enam Kecamatan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Berdasarkan data Badan Pertanahan Nasional (BPN) OKI, total seluruh sertifikat yang dicetak sebanyak 1500 lembar. sertifikat tersebut diterbitkan oleh BPN, merupakan usulan yang disampaikan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) OKI, ke BPN dan setelah itu akan turun DIPA dari Kemenakertrans.

Wilayah transmigrasi yang diusulkan pada tahun 2011 lalu diantaranya, Kecamatan Mesuji Makmur sebanyak tiga desa yaitu Desa Beringin Jaya sebanyak 27 sertifikat, Desa Bina Karsa 90 sertifikat dan Desa Surya Karta sebanyak 216 sertifikat.

Kemudian Kecamatan Lempuing ada Desa Suka Mulia sebanyak 60 sertifikat, Kecamatan Mesuji Raya sebanyak empat desa yaitu, Desa Dabuk Makmur 100 sertifikat, Desa Sido Mulyo 75 sertifikat, Desa Kemang Indah 75 sertifikat dan Desa Sumber Baru sebanyak 60 sertifikat.

Untuk Kecamatan Air Sugihan terdapat empat desa yakni, Desa Nusantara 75 sertifikat, Desa Simpang Heran 134 sertifikat, Desa Banyu Biru 102 sertifikat, Desa Srijaya Baru sebanyak 100 sertifikat. Kecamatan Sungai Menang yang terdiri dari dua desa, diantaranya, Desa Gajah Mukti sebanyak 76 sertifikat dan Desa Gajah Mulya sebanyak 60 sertifikat.

Demikian Kecamatan Tulung Selapan adalah Desa Jaya Makmur atau Desa Rantau Lurus sebanyak 250 Sertifikat.

 

TEKS          : DONI AFRIANSYAH

EDITOR      : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster