Rumah Potong Hewan Moderen Butuh Dana Rp67 Miliar

 208 total views,  2 views today

Ilst. Hewan Qurban | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Meskipun Palembang sudah memiliki Rumah Potong Hewan (RPH) sendiri, tapi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menilai masih tidak layak. Pasalnya, peralatan yang digunakan masih sangat sederhana atau tradisional. Anggota Komisi IV DPR RI Syofwatillah Mohzaib mengatakan, seharusnya Palembang sudah memiliki RPH yang moderen. Mengingat perkembangan ibu kota Sumatera Selatan ini yang semakin maju.

“Berdasarkan tinjauan yang kami lakukan. Pusat RPH yang terletak di lingkungan kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K) Palembang, masih sangat tradisional,” katanya, belum lama ini. Syofwatillah mengaku, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, sudah ajukan permohonan ke DPR RI untuk mengembangkan RPH agar lebih modern. Karena, Pemkot Palembang beralasan tidak punya dana untuk mengembangkannya.

“Sebenarnya Palembang sudah ada keinginan untuk mengembangkan RPH itu. Tapi keinginan tersebut, belum bisa di wujudkan karena kendala anggaran,”akunya. Syofwatillah menjelaskan, untuk memiliki RPH moderen tersebut, minimal setiap daerah anggarkan dana sebesar Rp 67 miliar.

“Ya, angkanya cukup fantastis. Oleh itu, Pemkot Palembang minta bantuan ke kita,”bebernya. Ditanya apakah pihaknya bisa memberikan bantuan untuk mengembangkan RPH tersebut ? Syofwatillah menjawab, belum bisa dipastikan. Namun, aspirasi pihak Pemkot Palembang akan di bawa ke rapat dengan Kementerian Pertanian.

“Intinya aspirasi Pemkot Palembang akan kami perjuangkan, ya kemungkinan baru akan dilakukan pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016 mendatang,” katanya.

Sementara itu, Kepala DP2K Palembang Harrey Hadi mengatakan, pihaknya sangat berharap aspirasi mereka terwujud. Sehingga Palembang bisa memiliki RPH moderen.

“Kami berharap, aspirasi kami terwujud, melalui tangan komisi IV yang membidangi pertanian,” ujarnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster