Siap-Siap, Tower Ilegal Akan Dibongkar

 402 total views,  2 views today

Ilustrasi BTS | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

LUBUKLINGGAU – Tower-tower yang banyak terdapat di atas rumah atau ruko yang diduga tidak mengantongi izin dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Inform+atika Lubuklinggau siap-siap mendapat tindakan tegas dari pemerintah, jika pada pendataan nanti tidak bisa menunjukan dokumen perizinan.

Kepala Dishubkominfo Lubuklinggau, Alha Warizmi mengatakan pihaknya akan melakukan pendataan tower secara menyeluruh dipenjuru Kota Lubuklinggau, guna menginvetarisir kembali jumlah tower yang legal dan illegal,meskipun kemungkinan adanya pemancar ileggal kecil.

“Perlu kita lakukan pendataan ulang dan kami tentu akan melakukan inpeksi mendadak nanti dengan tim Satpol PP, Badan Perizinan,” kata Alha.

Diterangkanya, Sidak ini masih menunggu tuntasnya rangkaian kegiatan 2 tahun kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Lubuklinggau.

Sidak tersebut lanjut Alha, akan menginventarisir tower pemcar yang berada di atas atau atap rumah maupun rumah toko (Ruko). Jika didapati tower ileggal, hari itu juga tower tersebut akan diturunkan.

” Kita akan menyurati perizinan dulu, menanyakan apakah tower-tower diatas rumah itu harus berizin atau tidak. Kalau mereka melanggar hanya ada dua pilihan, mengurus izin secepatnya atau kita bongkar,” tegas putra asli Rupit tersebut.

Berdasarkan data Dishubkominfo Lubuklinggau saat ini terdapat sekitar 20 tower pemancar yang berizin yang tersebar di delapan kecamatan.

Sanksi tegas terhadap para pelanggar regulasi pemerintah memang harus diberikan, sebagai efek jerah. Sehingga kedepan tak ada lagi pelanggaran-pelanggaran peraturan yang dikeluarkan Pemerintah Kota Lubuklinggau.

” Sebenarnya untuk mendirikan satu tower pemancar komunikasi itu sangat ketat, selain izin prinsip dari wali kota juga ada tata UP kawasan bandar udara, khusus Bandara Silampari, karena kalau sembarangan bisa menganggu radar,” tambahnya.

Masih tambahnya, rencana Sidak dan pendataan tower-tower tersebut dipastikan akan dilakukan Dishubkominfo bersama tim dari instansi lainya. Walaupun realisasinya belum bisa disebutkan.

“Sidak itu pasti kita lakukan tidak mungkin tidak, kita koordinasi dengan tim Pol PP dan Perizinan dulu, pokoknya kita lakukan sidak dan kita tindak mana tower yang tidak ada izinya,”tegasnya.

 

TEKS          : SRI PRADES

EDITOR      : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster