Ketua MUI Palembang : ISIS Biang Perpecahan

 238 total views,  2 views today

Militan ISIS | Foto : Nbcnews.com

Militan ISIS | Foto : Nbcnews.com

PALEMBANG – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palembang Saim Marhadan mengatakan, adanya gerakan State of Iraq and Syria (ISIS) sudah menimbulkan perpecahan di kalangan umat Islam. Saim mengatakan, sudah banyak anak muda Indonesia yang terjerumus dalam gerakan sesat tersebut. Contohnya, di daerah Jawa, disana sudah ada remaja yang diduga ikut dalam aliran itu.

“Kami menolak keras ISIS. Mengapa Indonesia harus ikut-ikutan, sudah jelas aliran atau paham itu dari Negara Irak dan Suria, cara mereka (ISIS) tidak benar,”ungkapnya, Jum’at (20/2).

Menurut Saim, ajaran Islam sudah jelas melarang kekerasan, sementara ISIS paham yang keras. Menurutnya, masyarakat Indonesia, khususnya Palembang tidak perlu terpengaruh aliran itu. Karena, aliran itu hanya akan menggoyahkan sendi-sendi kebangsaan terkait dengan Negara Indonesia berdasarkan Pancasila.

“Khususnya anak muda, harus bisa lebih memahami Islam secara menyeluruh. Laksanakan ajaran islam yang baik dan benar,”imbuhnya.

Sambung Saim, yang menguatkan kerukunan dalam memeluk agama telah diatur dalam Peraturan Bersama Menteri (PBM) Dalam Negeri Nomor 9 tahun 2006 soal kerukunan beragama.

“Dan, selain itu, didalam PBM Agama Nomor 8 Tahun 2006 juga telah ditegaskan soal pendirian rumah ibadah. Artinya saling menghormati kepercayaan masing-masing,”katanya. Saim menambahkan, MUI sudah menyimpulkan, bahwa gerakan ISIS bertentangan dengan prinsip ajaran Islam Indonesia, yang anti dengan segala bentuk kekerasan.

“Sejak awal ISIS di beritakan, kami sudah mengeluarkan kesimpulan bahwa ISIS ini sangat bertentangan dengan prinsip ajaran Islam. Khususnya yang menekankan kasih sayang, kerukunan dan perdamaian yang disebut dengan Islam Rahmatan lil Alamin,” dijelaskannya.

 

TEKS         : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster