Kabar Sumatera Gelar Kunjungan ke Lembaga Ombudsman

 952 total views,  2 views today

Foto bersama dengan jajaran Lembaga Ombudsman dan Dewan Pimpinan H.U Kabar Sumatera

Foto bersama dengan jajaran Lembaga Ombudsman dan Dewan Pimpinan H.U Kabar Sumatera

Sebelum menutup pekan ini, Tim Redaksi Harian Umum KS juga mengunjungi Lembaga Ombudsman. Sebuah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia yang disahkan dalam Rapat Paripurna DPR RI pada tanggal 9 September 2008.

Lembaga ini sebelumnya bernama Komisi Ombudsman. Tetapi sekarang menjdi Ombudsman republik Indonesia (ORI). Ombudsman disebutkan Indra Zuardi, S.IP, Kepala Perwakilan Provinsi Sumsel, lembaga Ombudsman lembaga yang dibentuk untuk menghadapi penyalahgunaan kekuasaan oleh aparatur pemerintah. Tujuannya, menurut Indra untuk membantu aparatur agar melaksanakan pemerintahan secara efisien dan adil. “Selain itu untuk mendorong pemegang kekuasaan melaksanakan pertanggungjawaban serta pelayanan secara baik. Secara umum lembaga ini lebih dikenal sebagai lembaga independen yang menerima dan meyelidiki keluhan-keluhan masyarakat yang menjadi korban kesalahan administrasi (maladministration) publik,” ujarnya saat menerima Tim Redaksi Harian Umum KS, di Kantor Ombudsman, pekan silam.

Indra menambahkan, lembaga Ombudsman bukan sekadar sebuah sistem yang hanya menyelesaikan keluhan masyarakat atas sebuah kasus tertentu, namun hal yang juga penting adalah mengambil inisiatif untuk melakukan perbaikan administratif, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada publik. “Jadi kalau ada urusan yang bertele-tele, dari meja ke meja, sampai lama tidak tuntas-tuntas kita siap membantu menyelesaikan hal tersebut. Dengan kata lain lembaga ini untuk mendorong sistem layanan agar lebih efesien, cepat dan mudah dengan tetap berdasar pada aturan,” ujarnya.

Menjelaskan tentang maladministrasi, Indra mengatakan maladministrasi adalah satu perbuatan koruptif yang dilakukan, meskipun tindakan itu tidak menimbulkan kerugian negara, namun kalau sampai mengakibatkan kerugian bagi masyarakat (warga negara dan penduduk), sebagai akibat tidak mendapatkan pelayanan publik yang baik (mudah, murah, cepat, tepat dan berkualitas), maka hal itu digolongkan maladministrasi.

Pada kesempatan itu, Tim Redaksi Harian KS dihadiri Imron Supriyadi (Pemimpin Redaksi), Rinaldi Syahril (Redaktur/Manager Produksi), Najamudin (Manajer Sirkulasi), dan Angga Supratman (Admin/Database Sirkulasi).

Sementara dari Lembaga Ombudsman, Indra Zuardi, S.IP (Kepala Perwakilan), Dodi Sutejo, SE, MM (Sekretariat), Agung Pratama, S.Sos (Asisten Bidang Pencegahan), Lailatul Fitri, S.Ag, M.Hum, Rahmah Awaliyah, S.P, M.Si, Hendrico, SH (Asisten bidang Penyelesaian laporan). Sementara yang Asisten Bidang Pengawasan, Astra Gunawan, ST sedang ada tugas khusus sehingga tidak dapat ikut serta dalam pertemuan itu.**

 

TEKS        : MUSTAQIEM ESKA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster