Alex Noerdin : Asian Games adalah Peluang Mahasiswa

 315 total views,  2 views today

PALEMBANG – Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin meminta para mahasiswa yang ada di Sumsel berperan penting dalam perhelatan Asian Games 2018 mendatang. Terutama dalam bidang information and technology (IT), karena pentingnya IT bagi mahasiswa agar pada Asian Games nanti mahasiswa Sumsel bisa memiliki modal saat tamu-tamu asing datang ke Palembang.

Hal itu diungkapkan Alex usai membuka acara ajang International Conference on Information Technology and Business Application 2015 (ICIBA), di Kampus Utama Universitas Bina Darma Palembang, Jumat (20/2).

Alex menyebutkan, even Asian Games nanti akan padat manusianya. Mulai dari official dan media asing dari masing-masing negara peserta. Oleh karena itu, infrastruktur IT paling dibutuhkan dari saat ini.

“Kita mengajak mahasiswa disini banyak terlibat sebagai tenaga handal IT untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan even besar ini,” kata Alex.

Gubernur dua periode ini melanjutkan, pihaknya menargetkan sebelum dan sesudah penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Asia ini, akan banyak dampak positif yang muncul dari even besar ini. Pasalnya, daerah karena ajang ini memicu pembangunan infrastruktur, transportasi publik di Sumsel. Oleh sebab itu menurutnya persiapaannnya harus dilakukan sebaik mungkin, mulai dari persiapan arena venue, teknologi informasi, sampai bidang parawisata.

“Kita masih ada waktu selama 3 tahun, Pemprov membutuhkan banyak peran dari masyarakat, pelajar dan mahasiswa, tentu kalau kita mau pasti bisa,” ungkapnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Gubernur juga mendukung penyelenggaraan ICIBA 2015 di Universitar Bina Darma karena menurutnya, ajang tersebut dapat memicu dunia pendidikan di Sumsel berkelas dunia. Dia mengatakan, dalam kegiatan yang melibatkan pakar industri IT dari negara Malaysia, Thailand dan Singapura kemarin juga diharapkan mampu menciptakan industri bidang IT tumbuh di Sumsel, sehingga dapat dimanfaatkan dibidang bisnis, industri dan juga pemerintahan.

“Tentunya kita dukung kegiatan seperti ini, ini juga harusnya jadi contoh bagi universitas swasta lainnya agar terpacu menggelar kegiatan berskala internasional,” ujar Mantan Bupati Musi Banyuasin ini.

Alex mengatakan, Pemprov Sumsel pun juga telah merencanakan untuk memasukan daftar kampus swasta di Sumsel kedalam program pertukaran mahasiswa di Kampus-kampus yang berada di negara Asean bahkan Eropa.

“Tahun kita juga akan mulai menyelenggarakan pendidikan gratis sampai sarjana, dalam tahap awal ini kampus swasta belum tercover program ini, tapi berita baiknya untuk mendukung pendidikan kampus, Pemprov akan berikan jalan pertukaran mahasiswa antar negara asal Sumsel,” imbuhnya.

Rektor Universitas Bina Darma, Prof Buchori Rahman mengatakan, pelaksanaan ICIBA 2015 merupakan yang ke empat kalinya digelar di Kampus Bina Darma, yang bertujuan menghasilkan karya aplikasi IT untuk meningkatkan hidup lebih baik.

“Bidang IT terus kita kembangkan karena ini banyak manfaatnya, terutama menjelang Asian Games nanti IT juga akan menjadi sarana prasarana bagian terpenting untuk penyelenggaraan yang baik serta mengharumkan nama Sumsel di mata internasional,” pungkasnya.

 

TEKS          : IMAM MAHFUZ

EDITOR      : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster