OKI Bangun Irigasi Seniali Rp 75 Miliar

 1,003 total views,  2 views today

Ilst. Irigasi

Ilsutrasi Irigasi | Ist

KAYUAGUNG – Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tahun ini akan melanjutkan proyek pembangunan irigasi sekunder di Desa Terusan Laut, Kecamatan Sirah Pulau (SP) Padang, untuk lahan persawahan lebak yang sebelumnya sempat ditinjau langsung menteri pertanian RI, Amran Sulaiman.

Lanjutan pembangunan saluran irigasi itu seluas 75 ribu hektare yang akan menelan biaya sebesar Rp75 miliar dari APBN tahun 2015. Selain irigasi sawah lebak. Dinas Pertanian juga akan membangun saluran irigasi sawah tadah hujan di Desa Lubuk Seberuk, Kecamatan Lempuing Jaya.

Kepala Dinas Pertanian OKI, Syarifudin, SP melalui Kabid pengelolan lahan dan air, Syahrul SP, belum lama ini mengatakan, untuk irigasi sawah tadah hujan di Lubuk Seberuk luasnya 5 ribuan hektare dengan dana Rp5 miliar.

“Juga menggunakan dana APBN,” jelasnya.

Untuk pembangunan saluruan irigasi di Lubuk Seberuk akan dilakukan peletakan batu pertama pada tanggal20 Februari nanti yang dihadiri langsung Pangdam Sriwijaya.” Nanti Pangdam langsung yang akan hadir,” katanya.

Tahun ini kata Syahrul, Dinas Pertanian masih fokus pembangunan saluran irigasi, karena seperti diketahui lahan pertanian Kabupaten OKI rawan kekeringan.

“Nah dengan kendala itulah maka kami bangun irigasi agar semua lahan pertanian tidak kesulitan air,” ungkapnya.

Pembangunan irigasi juga akan melibatkan anggota TNI dan penyuluh.” Memang pengerjaanya langsung melibatkan orang provinsi. Namun kita juga bekerjasama dengan babinsa di desa. Dan Kepala Dinas selaku pejabat pemegang komitmen. Jadi bagaimana pun juga tanggungjwab kita.” sambungnya.

Disinggung mengenai lahan baru untuk cetak sawah. Syahrul mengatakan tahun ini tidak ada.

“Cetak sawah maupun Jalan Usaha Tani (JUT) tahun ini kita belum tahu. Yang pasti kemungkinan tidak ada. Namun nantilah kita lihat ABT nanti.” tandasnya seraya mengatakan semua kecamatan akan dibangun irigasi atau sumur bor untuk pengairan sawah kecuali Kecamatan Pangkalan Lampam dan Mesuji Makmur.

 

TEKS       : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster