Musim Penghujan, Bencana Longsor Mengintai Pagaralam

 325 total views,  2 views today

PAGARALAM – Menghadapi musim penghujan seperti sekarang ini, Pemerintah Kota Pagaralam melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau masyarakat agar dapat memperhatikan sejumlah kawasan di Bumi Besemah yang memiliki kerawanan cukup tinggi terhadap bahaya longsor.

Kepala BPBD setempat, Herawadi SSos, kemarin (19/2) menjelaskan, sejumlah kawasan rawan bencana dimaksud mulai dari Kecamatan Dempo Selatan yakni di sepanjang kawasan objek wisata Lematang Indah hingga Liku Endikat.

Kemudian Kecamatan Dempo Tengah berada di Dusun Sukajadi dan Kecamatan Dempo Utara berada di kawasan hutan lindung yang berada di Kelurahan Agung Lawangan.

“Kalau di Kecamatan Pagaralam Utara dan Pagaralam Selatan, derah paling rawan bencana longsor yakni berada di daerah Gunung Dempo,” katanya seraya berujar sedikitnya ada 60 keluarga atau pemukiman di Kelurahan Gunung Dempo, tepatnya di Dusun Dempo Rejo tergolong sangat Rawan, bahkan dikhawatirkan jika terjadi longsor dengan ketinggian 10-15 meter dari badan jalan.

Selain itu, lanjutnya, keberadaan bangunan pemukiman itu sebagian besar berada di bantaran sungai atau Daerah Aliran Sungai (DAS). Kendati demikian, BPBD Kota Pagaralam senantiasa mengimbau warga setempat agar selalu waspada dan berhati-hati disaat musim penghujan seperti sekarang ini.

“Diminta seluruh lapisan masyarakat agar tidak merusak lingkungan sekitar ataupun menebang pohon tempat resapan air, seperti kawasan objek wisata Antan Delapan, karena lokasi dimaksud sangat minim pepohonan,” jelasnya seraya menegaskan bila hal itu tidak menjadi perhatian serius, tidak menutup kemungkinan sejumlah kawasan di Gunung Dempo dapat menjadi kawasan langganan longsor.

 

TEKS     : ANTONI STEFEN

TEKS     : FJ ADJONG

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster