Kualitas Udara Kota Palembang Terbaik Se Indonesia

 744 total views,  2 views today

Ilustrasi Suasana Kota Palembang | Dok KS

Ilustrasi Suasana Kota Palembang | Dok KS

PALEMBANG – Dua tahun berada di urutan ke enam, untuk penilaian kualitas udara, akhirnya Kota Palembang berhasil meraih penghargaan tertinggi program evaluasi kualitas udara perkotaan (EKUP) kategori kota Metropolitan dari, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) RI, hasil penilaian tahun 2014. Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palembang, Tabrani mengatakan, Palembang menjadi kota pertama terbaik dari 16 kota Metropolitan di Indonesia untuk EKUP.

“Penilain Tahun 2014, kita bersaing ketat dengan Kota Surabaya. Tahun 2012, Palembang hanya berada di urutan nomor 6, alhamdulillah penialain tahun 2014 Palembang menjadi kota pertama terbaik dalam program EKUP,” katanya saat dihubungi, Kamis (19/2).

Tabrani mengaku, ada dua indikator yang membuat Palembang menjadi kota terbaik yakni, penilaan secara fisik dan non fisik. Ia menjelaskan, untuk penilaian fisik maksudnya, tentang uji emisi kendaraan yang ada di Palembang, pemantauan udara di Jalan raya, kinerja lalulintas (lalin), pemnatauan bahan bakar, penggunaan bahan bakar gas (BBG) bagi kendaraan dinas dan angkutan umum.

“Sementara untuk non fisik adalah, konsitensi Pemerintah dalam menjaga kualitas udara mulai dari, asap kendaraan hingga adanya kegiatan pemanatauan kualitas udara secara tidak langsung, meroduksi produksi tingkat pencemaran udara dan ruang terbuka hijau (RTH),”bebernya.

Kabid Pengendalian, Pencemaran dan Pengelolaan Limbah, BLH Palembang Heny Kurniawati mengatakan, yang menambah poin Kota Palembang dalam penilaian EKUP adalah, banyaknya aksi penangulangan pencemaran udara yang secara terus menerus di laporkan ke KLH RI.

“Kita selalu memberikan laporan ke KLH seperti, perbaikan tranporatasi umum, penggunaan konverter kit, pengembangan kendaaran kawasan bebas motor yang ada Kambang Iwak (KI) dan Jalan Jenderal Sudirman, pembatasan usia kendaraan umum dan kantong parkir,” katanya.

Heny berharap, semua pihak dapat konsisten dalam menjaga kualitas udara Palembang tetap baik. Terutama, Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang maupun Provinsi Sumsel maupun Satuan Lantas (Satlantas).

“Uji emisi terus kita lakukan, terhadap kendaraan umum, maupun pribadi yang dianggap tidak layak lagi,” tutupnya.

TEKS:ALAM TRIE MARSATA
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster