KPU Akan Sangat Teliti Verifikasi Calon Kepala Daerah

 341 total views,  2 views today

pilkada-langsungPALEMBANG – Setelah adanya Undang undang Pilkada yang baru dengan isi menegaskan larangan politik dinasti, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel akan melakukan penelusuran bagi calon kepala daerah (Kada) yang akan mendaftarkan diri pada pemilihan pemilihan berikutnya. Hal itu dilakukan guna menghindari keluarga calon incumbent mencalonkan di daerah yang sama.

Diungkapkan Ketua KPU Sumsel, Aspahani, mereka akan meneliti dan menelusuri pasangan calon Kepala daerah pada saat verifikasi pendaftaran pasangan calon hingga secara detil.

“Mengenai soal kepentingan incumbent itu sudah ditetapkan di rancangan Undang undang yang revisi dari Undang undang nomor 1 tahun 2015 terkait Perpu kemarin itu memang hubungan kekeluargaan atas perkawinan satu tingkat ke atas, ke bawah dan ke samping dilarang untuk mengikuti pilkada 2015,” terang Aspahani saat usai menghadiri rapat Paripurna di DPRD Sumsel,Rabu lalu. (18/02)

Lebih lanjut tegasnya,semua keluarga incumbent termasuk, ayah, ibu,mertua, kakak, adik dan ipar serta anak dan menantu dilarang ikut pilkada tahun 2015. Dirinya juga mencontohkan, di Kabupaten X ketika bapaknya sedang menjabat kepala daerah maka anaknya tidak boleh mencalonkan diri di daerah tersebut, namun anak atau keluarga yang masih ada hubungan dengan kepala daerah tersebut bisa mencalonkan diri di daerah lain.

“Jika untuk verifikasi kita menerima pendaftaran pasangan calon, kita akan menerima persyaratannya itu untuk ditetapkan sebagai pasangan calon untuk mengikuti tahapan selanjutnya, termasuk pasangan calon akan diteliti, ditelusuri hingga detil,” tegas Aspahani.

 

TEKS        : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR     : MUSTAQIEM ESKA

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster