Jadikan Sampah Produk Ekonomis

 307 total views,  2 views today

PALEMBANG – Untuk menumbuhkan kemauan masyarakat dalam pengolahan sampah menjadi barang berguna dan ekonomis. Dinas Kebersihan (DKK) Palembang buat tim khusus di Kelurahan hingga Kecamatan. Kepala DKK Palembang, Agoeng Noegroho mengatakan, pihaknya sudah membuat tim di setiap Kecamatan melalui Kelurahan agar bisa memanfaatkan sampah menjadi barang bermanfaat.

“Pemilahan sampah itu terus kami lakukan, agar masyarakat bisa lebih menghargai kebersihan, karena masih banyak yang membuang sampah sembarangan,”ungkapnya, belum lama ini. Menurut Agoeng, untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat dalam mengolah sampah tidak muda.

Namun, secara bertahap pihaknya melakukan pendekatan-pendekatan dengan masyarakat. “Kami akan terus memberikan pembinaan, dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan, dan lainnya,”katanya.

Agoeng mengaku, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya, untuk menciptakan kebersihan di Metropolis. Oleh itu, pihaknya membutuhkan kerjasama dengan masyarakat untuk menjaga kebersihan, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

“Tidak mungkin hanya Pemerintah yang melakukannya. Peran serta masyarakat paling penting. Sehingga, Palembang bisa mempertahankan Adipura Kencana,”katanya. Agoeng berharap, kepada masyarakat Palembang untuk senantiasa menjaga kebersihan, di mulai dari lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Sampah itu akan bernilai ekonomis dan satu waktu akan menjadi barang yang menguntungkan masyarakat, tergantung bagaimana masyarakat memanfaatkannya,”katanya. Agoeng menambahkan, jika masyarakat sudah memahami nilai ekonomis dari sebuah sampah, maka ia yakin, Palembang ini akan menjadi kota yang bersih.

“Kalau sudah tau nilai rupiah dari sampah, otomastis kita akan lebih menjaga kebersihan, karena sampah tersebut mempunyai nilai,”tutupnya.

 

TEKS        : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster