Banpustaka Sumsel Sediakan Studio Buku Mini

34 total views, 3 views today

PALEMBANG – Badan Perpustakaan (Banpustaka) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang berada di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang saat ini terus melakukan penambahan fasilitas pendukung guna meningkatkan jumlah pengunjung dan minat baca masyarakat secara umum.

Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Sumsel, Kabul Aman mengungkapkan, untuk menambah minat pengunjung untuk datang ke perpustakaan pihaknya pada tahun ini akan membangun studio buku di lingkungan perkantoran Banpustaka.

“Kami akan terus berupaya menambah daya tarik masyarakat untuk berkunjung dan meninmba ilmu ke perpustakaan. Penilaian kita dengan adanya studio buku yang modelnya mirip bioskop tersebut, bisa menjadi daya tarik tersendiri. Mengingat sebagian besar pengunjung perpustakaan dari kalangan pelajar dan mahasiswa, sementara masyarakat umum masih kecil,” ungkap Kabul usai Rakor bersama pihak Kabupaten/Kota di Kantor Banpustaka Sumsel, Selasa (17/2).

Sekarang ini, jumlah pengunjung perpustakaan perharinya bisa mencapai 500 orang lebih. Pasalnya, lanjutnya, perpustakaan ini dibuka tiap hari, mulai Senin-Jumat buka mulai Pukul 08.00-18.00 WIB dan Sabtu-Minggu 08.30-14.30 WIB.

“Hasil rekapitulasi pengunjung selama 2014 sebanyak 61.425 pengunjung baik dari pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum yang ada di sebagian wilayah Sumsel,” sebutnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Mukti Sulaiman mengatakan, peran perpustakaan ini bisa menyasar siapa saja bukan hanya kalangan pelajar. Masyarakat di pedesaan pun bisa membutuhkan perpustakaan untuk menambah pengetahuannya.

“Saat ini kan rata-rata mahasiswa yang ada di pusat kota didominasi dari daerah-daerah di tiap Kabupaten/Kota. Bukan tidak mungkin kalau orangtuanya ingin mengetahui jurusan kuliah apa yang anaknya ambil melalui buku-buku yang disediakan perpustakaan,” kata Mukti.

Ia menambahkan, peningkatan mutu perpustakaan di daerah pun harus lebih dimaksimalkan. Sebab, masyarakat umum pasti juga membutuhkan perkembangan dan kemajuan zaman walaupun lewat media baca.

“Masih banyak sekali media yang bisa mencerdaskan dan melayani masyarakat, contohnya lewat perpustakaan ini. Diharapkan kedepannya perpustakaan lebih komitmen lagi dalam menjalankan tugasnya,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Sumsel, H Yansuri mengatakan bahwa kemajuan ilmu teknologi yang ada saat ini harus mampu dijadikan terobosan bagi perpustakaan Sumsel. Sebab, dengan kemajuan IT kemudahan fasilitas dan kenyamanan pengunjung akan menjadi prioritas para pengunjung.

“Kami dari DPRD siap mendukung Banpustaka Sumsel untuk mengembangkan pengetahuan bangsa. Itu dikarenakan, keberadaan perpustakaan ini adalah salah satu wadah memajukan pendidikan dan kepedulian kesehatan bagi semua masyarakat,” pungkasnya.

 

TEKS       : IMAM MAHFIZ

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com