Buka Praktik, Dokter Wajib Ada SIP

 55 total views,  3 views today

Ilustrasi | Google Image

Ilustrasi | Google Image

PALEMBANG – Bagi dokter yang tidak memiliki surat tanda registrasi dan surat izin praktek (SIP), tidak di perbolehkan membuka praktek pelayanan kesehatan, pasalnya kedua persyaratan tersebut wajib dimiliki.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang Anton Suwindro melalui, Kepala Seksi (Kasi) Registrasi Akreditasi dan Perizinan, Dinkes Palembang M Yamin menagatakan, ancaman bagi yang melanggar adalah kurungan penjara, sesuai Undang-undang (UU) praktek kedokteran Pasal 75.

“Dalam membuka praktek kesehatan itu tidak bisa sembarangan. Tidak ada pengecualian. Walaupun mereka memiliki pengetahuan dan kompetensi, hal itu berlaku pada semua dokter seperti dokter gigi, dokter kecantikan, dan lainnya,”katanya, Senin (16/2)

Sambung Yamin, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan SIP, misalnya mempunyai tempat praktek yang jelas, menyediakan medical record, wastafel, Memorandum of understanding (MoU) oleh dokter pribadi dengan puskesmas untuk pembuangan jarum suntik, serta peralatan medis sesuai spesialisasi.

“Pengajuan SIP dokter cukup banyak. Tapi, tidak semua pengajuan tersebut di terbitkan, karena ada yang tidak lengkap,”ujarnya.

Ditanya apakah ada tempat praktek kesehatan ilegal di Metropolis ? Yamin menjawab, sejauh ini pihaknya belum menemukan praktek kesehatan ilegal. Jika memang ditemukan ada dokter yang melanggar dan tidak memiliki SIP maka pihaknya akan menindak tegas.

“Kalau ditemukan. Yah pasti langsung ditutup. Jika masyarakat menemukan hal itu, silahkan lapor ke kami, kami akan menindaklanjutinya,”tutupnya.

 

TEKS      : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com