Bayar Pajak Sistem Online Belum Efektif

 1,155 total views,  2 views today

Ilustrasi Pajak Online | Dok KS

Ilustrasi Pajak Online | Dok KS

PALEMBANG – Pembayaran pajak dengan sistem online ternyata belum efektif. Hal itu terbukti, masih minimnya wajib pajak (WP) yang membajar melalui online. Terutama dari sektor pajak hotel dan restoran.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Palembang Agus Kelana mengatakan, jumlah total WP hotel dan restoran yang ada di Metropolis mencapai 1.300, sementara WP yang membayar pajak melalui online baru 50.

“Angkanya sangat minim. Kami, tidak tahu apa alasan WP enggan membayar pajak melalui online. Padahal, lebih praktis, karena tidak perlu keluar rumah, cukup akses internet saja,”katanya, belum lama ini.

Sambung Agus, dengan keadaan demikian, pihaknya akan terus mendorong objek pajak agar membayar pajak melalui online, dengan melakukan sosialisasi, baik melalui Kelurahan maupun Kecamatan.

“Pembayaran pajak melalui online itu, bertujuan untuk mengantisipasi kebocoran pembayaran pajak, oleh itu WP dianjurkan bayar melalui online,”ujarnya.

Agus mengaku, walaupun pembayaran pajak secara manual tidak dilarang. Tapi, anjuran WP membayar pajak melalui online itu harus ditingkatkan. Sehingga, tidak terjadi penggelapan pajak yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab.

“Kami akan tingkatkan sosialisasi. Sehingga, pembayaran pajak melalui online meningkat,”katanya.

Agus menjelaskan, pihaknya sudah menggandeng dua bank untuk bayar pajak online tersebut yakni, Bank BRI dan Bank Sumsel Babel.

“Selama ini, WP harus melakukan setoran pajak secara manual dengan mendatangi kantor pajak, melampirkan berkas dan kembali ke bank untuk melakukan pembayaran. Dengan sistem pembayaran online sudah diterapkan, maka secara otomatis setiap transaksi WP yang terdata transaksinya, akan langsung online dan dibayar saat transaksi pembayaran dilakukan,”bebernya.

Agus berharap, kedepan kesadaran WP dapat meningkat untuk pembayaran pajak melalui online. Karena sistem online yang digunakan saat ini sudah terkoneksi ke sistem pembayaran pajak.

“Dengan sistem ini, pajak tidak akan bocor, karena sistemnya jelas,” ujarnya.

 

TEKS        : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster