Tanah Pemakaman Padang Karet Amblas

 1,279 total views,  2 views today

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Padang Karet, Kecamatan Pagaralam Selatan, banyak  amblas, karena tekstur tanah di sekitar sini memang gembur. | Dok KS

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Padang Karet, Kecamatan Pagaralam Selatan, banyak amblas, karena tekstur tanah di sekitar sini memang gembur. | Dok KS

PAGARALAM – Kondisi tanah pemakaman di sejumlah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Padang Karet, Kecamatan Pagaralam Selatan, banyak amblas. Hal itu begitu dikeluhkan para pengunjung yang melakukan ziarah di makam kerabatnya.

Zaini (43), warga Beringin Jaya Kecamatan Pagaralam Utara menyebutkan, di saat berziarah ke makam orang tuanya, dirinya sempat melihat ada beberapa makam yang tidak jauh dari makam orang tuanya amblas dengan lubang cukup besar dalam berdiameter sekitar 80 cm.

“Ya, kejadian itu tentunya tidak menyenangkan. Apalagi bila isi di dalamnya sempat terlihat,” ujarnya, kemarin (15/2).

Ia mengatakan, tidak hanya satu atau dua makam saja yang seperti itu, ada beberapa makam lainnya sepertinya akan bernasib serupa.

“Kalau tidak diantisipasi, kemungkinan besar kejadian lebih buruk lagi bisa saja terjadi mengingat kondisi tanah makam sudah terbuka atau berlubang,” tambahnya.

Sementara menurut Man, salah seorang penjaga atau juru kunci makam menuturkan, kemungkinan turunnya permukaan tanah tersebut akibat hujan lebat yang terus mengguyur Kota Pagaralam dalam beberapa pekan terakhir.

“Tekstur tanah di sekitar sini memang gembur. Bagi para keluarga yang akan menyemen makam sebaiknya benar-benar memastikan bila tanah di atas makam tersebut sudah benar-benar padat,” pesannya.

Ditambahkan Koordinator Lembaga Swadaya Masyarakat, Lembaga Informasi Rakyat (LSM Lira) Markus Edi Rifai, kondisi tanah pemakaman tersebut butuh perhatian pemerintah.

“Kan tidak setiap saat para pengunjung ingin berziarah ke sana, apalagi letaknya sangat jauh dari pusat kota, kata Markus seraya menegaskan sudah selayaknyalah pemerintah melakukan upaya perbaikan terhadap makam-makam yang terancam ambles tersebut sebelum kejadian serupa bertambah lagi.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Herawadi menegaskan bila, ada banyak lokasi di Bumi Besemah ini yang termasuk kawasan rawan bencana longsor.

“Memang banyak kontur tanah di Pagaralam ini lembut dan mudah tergerus, apalagi jika musim penghujan seperti sekarang ini,” katanya seraya berujar mengenai kegiatan dimaksud ada satker lain yang menangani urusan pemakaman.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pemakaman setempat, Saiful Amri, hingga berita ini ditulis belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut.

 

TEKS        : ANTONI STEFEN

EDITOR    : FJ ADJONG

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster