“Peran Serta Masyarakat Rumuskan Pembangunan”

 343 total views,  2 views today

PAGARALAM – Proses pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di lima kecamataan se-Kota Pagaralam, diharapkan dapat mendorong peran dan partisipasi masyarakat dalam merumuskan pengambilan keputusan bersama pemerintah dalam menyusun pembangunan tahunan tingkat kecamatan. Hal itu dikemukakan Camat Pagaralam Selatan, M. Helmi, kemarin.

“Awal 2015, kita diwajibkan menyusun rencana pembangunan, dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan akan ditindaklanjuti sampai ke tingkat Provinsi dan Nasional. Mengingat hal itu telah diatur dalam Undang-undang No 25 tahun 2004, tentang perencanaan pembangunan nasional,” terangnya.

Menurut Helmi, Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan, untuk membahas dan menyepakati usulan-usulan skala prioritas rencana pembangunan Kecamatan Pagaralam Selatan di tahun 2016.

“Semoga forum ini dapat menghasilkan kesepatakan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan penyempurnaan terhadap rancangan rencana pembangunan tersebut, sehingga pada saatnya nanti dapat diperoleh masukan dan komitmen dari pemangku kepentingan pembangunan di Kecamatan Pagaralam Selatan,” harapnya.

Guna mewujudkan sasaran pembangunan jangka pendek dan jangka menengah daerah di Kecamatan Pagaralam Selatan kata Helmi, melalui kebijakan dan prioritas pembangunan yang ditetapkan dalam Musrenbang ini dan diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi Kota Pagaralam, yakni Kota Pagaralam Secerah Alam, terwujudnya keseimbangan masyarakat Pagaralam yang sehat, cerdas, berakhlaq mulia dan didukung ekonomi kerakyatan yang tangguh dalam lingkungan yang alami.

“Melalui musyawarah perencanaan pembangunan tingkat Kecamatan Pagaralam Selatan ini, diharapkan dapat diperoleh kesepakatan dalam merencanakan program-program pembangunan yang sifatnya strategis dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pendapatan masyarakat. Selain itu program yang direncanakan dapat berdaya guna dengan baik mulai dari tahapan penyusunan rencana hingga pelaksanaan perencanaan pembangunan,” ujarnya.

 

TEKS         : ANTONI STEFEN

EDITOR     : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster