April, Larangan Jual Minuman Beralkohol di Minimarket Resmi Berlaku

 2,702 total views,  2 views today

Ilustrasi Beberapa Minuman Ber Alkohol yang saat ini djual Bebas di MInimarket | Dok KS

Ilustrasi Beberapa Minuman Ber Alkohol yang saat ini dijual Bebas di MInimarket | Dok KS

PALEMBANG – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang Syahrul Hefni mengatakan, larangan penjualan minuman beralkhol (mikol) di minimarket baru berlaku April mendatang.

Syahrul mengatakan, pihaknya sudah menerima himbauan dari Menteri Perdagangan (Mendag) RI, yang tertuang dalam peraturan Mendag Nomor 6 Tahun 2015, terkait larangan penjualan mikol dibawah 5 persen di mini market maupun di toko-toko.

“Meskipun larangan penjualan mikol baru berlaku April mendatang, dalam waktu dekat kami segera sosialisasikan larangan tersebut kepada pemilik usaha yang menjual mikol,”ungkapnya, saat dihubungi, Minggu (15/2).

Syahrul menyebutkan, larangan penjualan mikol tersebut, sebenarnya sudah diketahui oleh pemilik usaha. Jadi, dalam melakukan sosialisasi tidak terlalu berat.

“Ya nanti kami akan buat surat kepada semua minimarket yang ada di kota ini, sejauh mana tingkat kepatuhan pemilik usaha terkait larangan itu, kita lihat saja nanti,”sebutnya.

Ditanya soal sangsi yang akan diberikan kepada minimarket atau toko-toko yang melanggar aturan ? Syahrul menjawab, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk melakukan penyitaan terhadap mikol tersebut.

“Ya barangnya disita, tidak ada pengecualian. Karena aturannya sudah jelas, tidak ada yang boleh melanggar,”tegasnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Kabar Sumatera, Minggu (15/2) sejumlah minimarket seperti Alfamart dan Indomaret yang ada di Metropolis masih terlihat menjual mikol. Seperti, Alfamart yang ada di kawasan Jalan Ki Merogan, Kertapati dan Indomaret yang ada di Jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster