Kasi Dispenda Palembang Selewengkan Pajak Hotel

 349 total views,  2 views today

PALEMBANG – Setelah melakukan pemeriksaan lebih mendalam terkait tindak pidana korupsi (Tipikor) penyelewangan pajak hotel Jayakarta dan Sahid Imara tahun 2011 dan 2012, penyidik Satreskrim Tipikor Kepolisin Resort Kota Besar (Polresta) Palembang, menetapkan Erpan (42 sebagai tersangkanya.

Dikatakan Kapolresta Palembang, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Sabarudin Ginting, melalui kepala unit (Kanit) Tipikor Polresta Palembang, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Hamsal, bahwa pria yang pernah menjabat sebagai sebagai Kasi Dispenda Palembang terbukti secara sah tidak menyetorkan pajak hotel Jayakarta dan Sahid Imara.

“Setelah memeriksa empat orang saksi ahli dan manajer kedua hotel tersebut, tersangka yang bernama Epan terbukti melakukan penggelapan pajak, yang pajak yang seharusnya disetorkan ke negara tidak disetorkannya,” ujar Hamsal, Jumat (13/2).

Lanjut Hamsal, hingga saat ini pihak Badan Pemeriksaan Keuangan Pembangunan (BPKP) Sumatera Selatan (Sumsel), tengah mengaudit kerugian Negara yang dilakukan oleh pria yang hampir menginjak kepala lima itu.

“Atas perbuatannya tersangka akan dikenakan pasal berlaspis yaitu pasal tindak tidana pencucian uang, Pasal 2 UU RI NO 8 Tahun 2010 dan Pasal 38 UU KUP tentang tipikor penggelapan pajak,” tegasnya.

Dijelaskan Hamsal, bahwa pihaknya sudah menyita barang bukti dua unit  apartement di kawasan Jakarta dan satu unit kendaraan roda Empat (R4) dan uang hasil penggelepan pajak sebanyak Rp 700 juta.

“Untuk saat ini tersangka penggelapan pajak kedua hotel tersebut hanya satu orang saja dan tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain yang ikut terlibat, penyidik akan mengusut kasus ini hingga tuntas hingga ke kar-akarnya,” katanya.

Namun, sayang walaupun sudah ditetapkan sebagai tersangka penggelapan pajak, Erpan sampai saat ini tidak ditahan, melainkan hanya dikenakan wajib lapor ke pihak penyidik Tipikor Polresta Palembang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Palembang, Agus Kelana membenarkan adanya penetapkan Erpan sebagai tersangka.

“Kita sudah menyerahkan kasus ini kepihak penyidik dan sesuai hukum yang berlaku,” pungkasnya.

 

TEKS      : OSCAR RYZAL

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster