Warga Tuntut PT BAU Bangun Menara Masjid

94 total views, 3 views today

Lahat – Warga Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat menuntut perusahaan batu bara PT BAU untuk segera membangun menara masjid desa ulak pandan, penuntutan ini berawal dari PT BAU yang telah memakai Tanah Siar (Hutan Rakyat)seluas 15 hektar.

Masyarakat desa dan kepala desa ulak pandan Wawan sudah menyetujui pemakaian Tanah Siar tersebut dijadikan tempat disposal (pembuangan tahan kerukan) dengan perjanjian akan dibangunkan menara masjid setinggi 17 meter.

Dikatakan Wawan, sekarang pihak perusahaan sudah mengeruk Tanah Siar tersebut, namun kepastian pembangunan menara masjid sampai saat ini belum terealisasi sedikitpun, jangankan membuat pondasi, semen pun belum ada.

“Semua ini sudah kita bicarakan kepada pihak perusahaan, namun kini belum juga ada kepastian, kita akan mendesak mereka agar secepatnya membangun menara masjid tersebut, karena jangan mereka sudah mendozer lahan namun kesepakatan dari warga belum dilaksanakan,” tegas Wawan.

Terpisah, kepala Bagian Hukum Setda Lahat saat dihubungi via telp mengatakan, memang benar pihak perusahaan belum merealisasikan perjanjian dengan warga atas kesepakatan pemakaian Tanah Siar tersebut.

“kemarin saya sudah menemui Kepala Tehnik Tambang (KTT), katanya dia akan merealisasikan kesepakatan warga dengan PT.BAU dengan dana CSR yang akan dianggarkan pada tahun ini,” jelasnya.

Wikmar juga mengatakan, pihaknya telah berusaha untuk menekankan kepada PT.BAU agar mereka membangun menara masjid tersebut.

“Kita sudah koordinasikan dan tinggal menunggu pencairan dana CSR tersebut,” ujarnya.

Selain itu, KTT PT.BAU Guntur saat dihubungi lewat via telp berkali-kali tidak diangkat sedangkan nomornya aktif.

Di samping itu pula, ketika ditemui di kantor PT.BAU yang berada di Desa Telatang Kecamatan Merapi Barat, Kabar Sumatera pun tidak bisa menemui seorang KTT itu karena sedang diluar.

“Pak guntur sedang keluar dan hari ini dia belum terlihat sama sekali, pak Komar Humas pun juga sedang keluar entah kemana,” jelas seorang petugas keamanan pos kantor PT BAU kemarin (12/02).

 

TEKS        : JUMRA ZEFRI

EDITOR    : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com