Rutan Tebing Tinggi Over Kapasitas

 892 total views,  2 views today

Tampak halaman depan Rutan Tebing Tinggi, lokasi kaburnya tahanan kejaksaan. | Dok KS

Tampak halaman depan Rutan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang | Dok KS

EMPAT LAWANG – Rumah tahanan (Rutan) cabang Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang over kapasitas, yang seharusnya hanya mampu menampung maksimal 92 orang, hingga Februari 2015, mencapai 108 orang tahanan.

Kepala Rutan Tebing Tinggi, Abdul Hakim Amer mengaku, karena kelebihan kapasitas, pihaknya melakukan sistem pindah. Beberapa napi, jelasnya, dipindah-pindahkan dari satu sel ke sel lainnya, agar semua merasakan saat berhimpit-himpitan.

Dari 108 warga binaan di Rutan Tebing Tinggi, hanya 74 orang narapidana, sisanya 34 orang tahanan titipan dari Mapolres Empat Lawang dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebing Tinggi.

Sejauh ini, kata Abdul, tahanan masih di dominasi kasus pencurian dengan kekerasan, pencurian, sajam, kasus umum dan tipikor.

Kalau tahanan narkoba ada beberapa orang, namun sebagian sudah dikirim ke Lembaga Pemasyarakatan Narkoba di Musirawas.

“Memang sudah tidak layak, harusnya seiring peningkatan status dari Kacabjari menjadi Kajari dan terbentuknya Mapolres di Empat Lawang, rutan juga harus meningkat,” jelas Abdul, kemarin.

Tak hanya kelebihan kapasitas, pihaknya juga terkendala kurangnya petugas penjagaan. Saat ini hanya 17 orang sudah berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Padahal, seyogyanya setiap regu itu maksimal enam orang petugas, saat ini dalam satu regu hanya dua orang.

Karena kekurangan petugas, beberapa titik penjagaan kosong seperti pos penjagaan atas dan gerbang utama.

“Kita disarankan mencari PNS di Pemkab Empat Lawang, yang mau pindah tugas ke rutan. Itu pun jika disetujui bupati,” katanya.

Mengenai kondisi rutan, ia tak menampik sudah mengajukan perehaban dan perluasan. Pengajuan baik ke kakanwil, juga ke Pemkab Empat Lawang.

“Ya, mudah-mudahan nanti ada penambahan ruang sel, agar tidak over kapasitas seperti ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, bangunan rutan Tebing Tinggi berada di eks Benteng bangunan Kolonial Belanda, di Tebing Benteng Kelurahan Kupang Kecamatan Tebing Tinggi. Berada di sekitaran rumah dinas (Rumdin) bupati, akses menuju rutan Tebing Tinggi nyaris tertutup.

Namun, ada wacana dari Pemkab Empat Lawang untuk pemindahan lokasi rutan, mengingat itu merupakan salah satu situs bangunan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

 

TEKS         : SAUKANI

EDITOR      : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster