Kapan Palembang Bebas Banjir ?

3 total views, 3 views today

Genangan Banjir | Bagus Park

Genangan Banjir | Bagus Park

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui, Dinas PUBM dan PSDA Palembang belum bisa memastikan kapan Palembang bisa bebas banjir. Pasalnya, penanganan banjir harus melibatkan semua pihak dan sangat komprehensif.

Kabid Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas PUBM dan PSDA Palembang A Bastari Yusak mengatakan, pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin melakukan perbaikan drainase agar berfungsi dengan baik. Sehingga bisa menekan lamanya genangan air di suatu kawasan.

“Jika terjadi genangan air, kita berupaya mempercepat lajunya aliran air, sehingga genangan air tidak lama atau berhari-hari,”ungkapnya, saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (12/2).

Menurut Bastari, penyebab utama banjir di Metropolis adalah prilaku buruk oknum masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Akibatnya saluran air seperti drainase dan lainnya tersumbat.

“Penyebab lainnya adalah air kiriman dari wilayah hulu seperti Musirawas, Musi Banyuasin (MUBA) dan Empat Lawang,”katanya.

Sambung Bastari, drainase yang kurang baik juga bisa mempercepat genangan air. Namun, akunya, pihaknya sudah melakukan perbaikan drainase di sepanjang Jalan Veteran, Kolonel Atmo dan lainnya. Sehingga diharapkan drainase berfungsi maksimal.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, agar memperhatikan lokasi untuk membangun. Baik rumah pribadi, rumah toko (ruko) dan lainnya, jangan sampai menimbun rawa, kalau mau membangun, carilah lokasi yang tinggi, sehingga tidak harus menimbun rawa,”imbuhnya.

Bastari mengaku, penanganan drainase untuk mempelancar aliran air di Kota Palembang terbaik ke dua se-Indonesia. Sehingga, pihaknya mendapat bantuan dua unit truk penyedot lumpur dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU)

“Kita mendapat peringkat kedua setelah Bogor untuk sistem drainase terbaik di Indonesia,”akunya.

Bastari menambahkan, pihaknya terus berupaya untuk mengatasi banjir di Metropolis, dengan cara perbaikan drainase pengerukan sampah dan lainnya.

“Kita terus berbenah diri. Sebab, masih banyak yang harus diperbaiki dari sistem drainase Kota Palembang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUBM dan PSDA Palembang, Darma Budhy mengimbau agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan.

“Kita butuh partisipasi masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan, sehingga tidak ada lagi sampah di parit atau got,” ucapnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com