Empat Lawang Optimis Swasembada Pangan

 339 total views,  2 views today

Bupati H Budi Antoni Aljufri didampingi ketua TP PKK Hj Suzana Budi Antoni saat panen raya padi. | Dok KS

Bupati H Budi Antoni Aljufri didampingi ketua TP PKK Hj Suzana Budi Antoni saat panen raya padi. Beberapa waktulalu | Dok KS

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP3) optimis, bisa menembus swasembada pangan pada produksi hasil panen 2015 mendatang.

Disampaikan Kepala DP3 Empat Lawang, Rudianto, produksi padi mengalami peningkatan mencapai 147.197 ton. Begitu juga dengan jagung, sebesar 11 645 ton kemudian kedelai 2.173 ton.

‪Peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai ini guna meningkatkan swasembada pangan dan terwujudnya Empat Lawang Emass gemilang sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang.

‪Makanya kata Rudianto, sasaran capaian peningkatan produksi dilakukan secara bersama baik itu pihak TNI melalui babinsa maupun kelompok tani, penyuluh,penyedia pupuk serta bulog.

“Melalui tim upsus lintas sektoral inilah optimis semua sasaran mudah dicapai,” katanya.

‪Selanjutnya mengenai tindakan pendukung peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai ini sudah dilakukan program GTTP padi 1000 hektar di kecamatan Saling dan Lintang Kanan, kedelai 400 hektar di kecamatan Tebing Tinggi, Paiker, Muara Pinang dan Pendopo.

Sedangkan jagung 2000 hektar di Kecamatan Muara Pinang, Pendopo, Ulu Musi, Sikap Dalam dan Talang Padang.

“Program pusat peningkatan minimal 10 persen pertahun selama 3 tahun, dan 2 tahun mendapat reward dari presiden,” jelasnya.

‪Sementara itu Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri mengaku, Empat Lawang setiap tahun sudah mengalamani swasembada beras.

Program ini hanya dilakukan dalam rangkah peningkatan. Namun kendalanya hanya pada koordinasi sehingga todak ada lagi beras impor karena beras petani berlimpah.

‪”Program luar biasa karena melibatkan semua stakeholder, ini program pertama dibahas dan ditekankan presiden,”tukasnya.

 

TEKS          : SAUKANI

EDITOR     : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster