Ratusan Pedagang Batu Akik di Pasar Cinde akan Direlokasi

 419 total views,  2 views today

Seorang Pembeli Sedang Memilih Batu Akik di Pasar Cinde | Dok KS

Seorang Pembeli Sedang Memilih Batu Akik di Pasar Cinde | Dok KS

PALEMBANG – Relokasi terhadap pedagang batu akik di kawasan Pasar Cinde dan Jalan Jenderal Sudirman nampaknya segera terealisasi. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sudah siapkan tempat penampungan sementara bagi pedagang batu akik tersebut.

“Untuk sementara ratusan pedagang batu akik akan direlokasi, di eks bioskop Cineplek. Sebelum pembangunan lokasi pasar hobi yang berada di kawasan Jakabaring selesai dibangun,”ungkap Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo, usai meninjau lokasi eks bioskop Cineplek di Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (11/2).

Harnojoyo mengatakan, kawasan eks bioskop Cineplek menjadi tempat yang tepat bagi pedagang untuk menjajakan dagangannya. Karena lokasinya cukup strategis dengan halaman yang luas.

“Pemilik Cineplek, sudah mengizinkan para pedagang batu akik berjualan di dalam eks bioskop maupun di halamannya,”katanya.

Menurut Harnojoyo, setelah eks bioskop Cineplek tidak beroperasional lagi. Bangunan tua tersebut terkesan tidak terawat, oleh itu, ia meminta kepada pemiliknya untuk dimanfaatkan sebagai lokasi sentral batu akik di Kota Palembang.

“Adanya tempat khusus batu akik ini, diharapkan dapat membuat konsumen maupun pedagang lebih nyaman. Karena tempatnya lebih baik dibandingkan di depan-depan rumah toko (ruko), yang terkesan semrawut dan menyebabkan kemacetan,”ujarnya.

Ditanya kapan pedagang akan dipindahkan ? Harnojoyo menjawab, secepatnya. Saat ini, pengelola maupun dinas terkait sedang mempersiapkan keperluan pedagang serta fasilitas parkir pengunjung.

“Kita sudah intruksikan kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang siapkan tenda bagi pedagang, sehingga konsumen semakin nyaman dalam menyalurkan hobinya disini,”ulasnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang batu akik, Hilman mengatakan, ia siap dipindahkan di lokasi baru tersebut. Karena, lokasinya tidak jauh dari tempatnya berjualan batu akik sekarang.

“Ya tidak apa-apa. Kalau mau pindah ke Jakabaring, kami tidak mau. Terlalu jauh,” katanya.

 

TEKS        : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster