Perketat Aturan, Dinas PU Pengairan Terapkan Sistem Elektronik Satu Pintu

 237 total views,  2 views today

PALEMBANG – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Sumsel, mulai menerapkan peraturan baru, yaitu One Gate System atau pola satu pintu bagi para pegawainya dengan memakai kartu pengenal khusus. Kepala Dinas PU Pengairan Sumsel, Syamsul Bahri menjelaskan, sistem satu pintu itu dibuat dengan memasang alat khsus di pintu utama kantor. Caranya membukanya pun harus memakai kartu pengenal tersebut.

“Sekitar 400-an pegawai kami tengah berbenah meningkatkan kinerja. Salah satunya dengan menerapkan sistem kunci elektronik berupa kartu yang telah disematkan pin untuk semua pegawai. Tanpa kartu ini, para pegawai tidak bisa masuk dan tidak bisa juga mengikut pakai kartu temannya,” ungkap Syamsul saat diwawancarai di Kantornya, Rabu (11/2).

Menurut Syamsul, langkah itu bukan untuk menghalangi-halangi seseorang untuk masuk ke lingkungan kerjanya. Hanya menjalakan ketertiban agar pegawai di Dinas PU Pengairan tak terganggu dan bisa fokus bekerja sesuai yang diharapkan.

“Ini bukan menghambat pelayanan. Justru yang tidak berkepetingan kita cegah untuk menganggu. Kalau tidak ada pengendalian, pegawai bisa terganggu. Sebenarnya pola ini sudah berlaku di perusahaan besar dan untuk instansi pemerintah, Dinas PU Pengairan mungkin yang pertama di Sumsel. Intinya kita ingin peningkatan kinerja pegawai yang bermuara pada produktivitas,” katanya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Sumsel, Mukti Sulaiman mengatakan bahwa memang seluruh pegawai dituntut untuk bekerja dengan baik. Apalagi kesejahteraan pegawai sudah dijamin dengan adanya TPP.

Lanjut Mukti, oleh karena itu dengan adanya program One Gate System ini juga bisa jadi alat pengendalian, dimana tidak sembarang orang bisa masuk ke kantor Dinas PU pengairan kecuali pegawai dan tamu yang memang mempunyai kepentingan.

Ia menambahkan, diharapkan dengan adanya sistem tersebut dapat meningkatkan kinerja dan kedispilinan dari semua pegawai, bukan hanya masuk kerja untuk absen saja, tetapi juga lebih produktif dalam bekerja dan juga dapat dijadikan contoh oleh dinas-dinas lain di lingkungan Pemprov Sumsel bahkan Pemerintahan di Kabupaten/Kota.

TEKS:IMAM MAHFUZ
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster