Ditemukan Air Terjun Baru Di Pagaralam

 1,483 total views,  6 views today

PAGARALAM – Bumi Besemah yang memiliki panorama alam eksotis, semakin lengkap dengan kembali ditemukannya air terjun yang diberi nama Buntak. Lokasi dimaksud diapit air terjun Curup Embun dan air terjun Curup Mangkok, Kelurahan Curup Jare, Kecamatan Pagaralam Utara, berjarak sekitar 10 km dari pusat kota.

Adapun air terjun Buntak ini dengan tinggi sekitar 15 meter dan lebar aliran sekitar 3 meter, berapa di kawasan hutan bambu.

Selain itu memiliki tiga lokasi pemandian dengan menyusuri alur sungai berjarak sekitar 100 meter air terjun Curum Embun. Demikian dikemukakan pemilik lokasi air terjun Buntak, Djazuli Kuris, kemarin (11/2).

Menurutnya, air terjun buntak baru beberapa hari ditemukan dengan ketinggian sekitar 15 meter. Adapun lokasi dimaksud kebetulan berada di pinggir kebun kopi yang selama ini membelukar dan baru sekarang dibuka kembali.

“Lokasi air terjun Buntak diapit dua air terjun yang sudah ditemukan sebelumnya yakni Curup Embun dan Curup Mangkok. Termasuk pula air terjun pemandian putri, berada di kawasan lereng Gunung Dempo, dengan luas lahan sekitar 1 hektare,” ujarnya.

Ia mengatakan, lokasi air terjun masih cukup alami dengan dikelilingi hutan bambu Curup Jare. Untuk menuju lokasinya, hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit dengan menelusuri tebing yang masih jalan tanah.

“Saat ini kita sudah membuat jalan yang berbentuk anak tangga terbuat dari bambu. Meski belum dibangun secara permanen, tapi kondisi jalan yang ada setidaknya sudah membantu pengunjung yang akan datang ke lokasi air terjun,” jelas Djazuli seraya berujar bahwa dirinya ingin membuat kawasan wisata alami.

Kendati demikian lanjutnya, semua kondisi alamnya akan tetap dipertahankan sesuai dengan kultur alam, seperti bebatuan, hutan bambu termasuk pepohonan sekitar air terjun.

Termasuk pula akan diperbanyak tanaman buah-buahan yang berfungsi sebagai pelindung dan ada nilai ekonomisnya.

“Ya, saat ini sudah kita buka untuk umum dengan melengkapi berbagai fasilitas, seperti tempat istirahat dan kamar mandi,” kata Djazuli.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Drs Samsul Bahri Burlian MSi mengatakan, saat ini jumlah air terjun yang ditemukan di Bumi Besemah cukup banyak. Bahkan lebih dari 100 lokasi yang tersebar di lima kecamatan.

“Dari jumlah tersebut, baru sekitar tiga lokasi yang sudah dikelola dengan baik yakni air terjun Lematang Indah, Curup Embun dan Curuf Mangkok,” terangnya seraya berujar guna mendukung dunia pariwisata sejauh ini kita tengah berupaya membangun sejumlah infrastrukturmulai dari jalan untuk menuju lokasi air terjun, hotel, vila serta sarana transportasi, seperti bandara.

 

TEKS        : ANTONI STEFEN

EDITOR    : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster