Dana Terbatas, OKU Selatan Buka Kelas Jauh

 281 total views,  2 views today

MUARADUA – Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan berinisiatif akan mendirikan SMA Negeri kelas jauh. Meskipun hal ini dilakukan dengan cara “nebeng” (menumpang) lebih dulu di SMP Negeri Buay Rawan. Hal itu dikatakan Zulfakar Dhani, Kepala DinasPendidikan Kabupaten Oku Selatan, Zulfakar Dhani melalui Kabid Pendidikan Menengah, Eduarken, belum lama ini, (11/2).

Menurutnya, rencana dibukanya kelas jauh itu dilakukan karena di Kecamatan Buay Rawan belum memiliki SMA Negeri. Selain itu, dana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan untuk membangun Ruang Kelas Baru (RKB) juga masih ada keterbatasan.

”Dikarenakan keterbatasan dana untuk membangun RKB dan terlebih lagi hanya di Kecamatan Buay Rawan di OKU Selatan ini yang tidak memiliki SMA Negeri. Maka pihak Disdik OKU Selatan berinisiatif untuk mendirikan SMA Negeri di Kecamatn Buay rawan, namun untuk sementara masih menerapkan kelas jauh,” ujar Eduarken.

Tujuan diterapkannya kelas jauh ini, diantaranya untuk mendekatkan akses pendidikan dengan anak usia sekolah, khususnya bagi anak usia sekolah menegah. “Apalagi di kabupaten ini telah berhasil menerapkan kelas sebanyak 6 kelas jauh yang berada di kabupaten OKU Selatan yaitu kelas jauh di Bayur, kelas jauh di daerah Kemu, Kelas jauh di Kecamatan Kisam ilir, kelas jauh di Kecamatan Sungai Are, kelas jauh di Kecamatan Buay Runjung dan di Kecamatan Buay Sandang Aji. Pada Enam wilayah tersebut untuk penerapan kelas jauh semuanya berhasil,” tambahnya.

Selain itu menurut Eduarken OKU Selatan, di SMP Negeri Buay Rawan memiliki sarana dan prasarana yang menunjang proses belajar mengajar. Diantaranya ruang kelas cukup, gurunya 100 persen sarjana. “Bahkan untuk mobilitas juga terjangkau bagi guru sekolah induk untuk mengajar di kelas jauh tersebut,” tambahnya.

Lebih lanujut, Eduarken menjelaskan, untuk kelas jauh hanya tempat belajarnya saja yang “nebeng” di SMPN Buay Rawan. Namun untuk administrasi tetap dilakukan sekolah induk SMA Negeri 1 Muaradua.

SMA Negeri kelas jauh menurut Eduarken, nantinya akan membidik anak usia sekolah menengah yang berasal dari SMP Negeri Buay Rawan, SMP Negeri Pelawi, SMP Negeri Pekuolan dan MTs Madinatul Ulum yang nantinya di harapkan dapat melanjutkan pendidikan menegah di SMA kelas jauh tersebut.

Ditanya mengenai guru pengajar dan jam belajarnya, Eduarken mengatakan, guru yang akan mengajar di kelas jauh nantinya berasal dari guru- guru SMA 1 (Sekolah Induk ) dan juga sebagian lagi guru berasal dari SMP Negeri Buay Rawan. “Mengenai jam belajarnya, untuk SMA Negeri kelas jauh pada siang hari, karena pada pagi hari digunakan untuk murid-murid SMP Negeri Buay Rawan.

Kelas jauh ini dibuka, mengngat di OKU Selatan hanya memiliki 2 sekolah menegah, yaitu SMA Negeri dan SMA Swasta. Oleh sebab itu, sejak awal, Disdik OKU Selatan telah melakukan sosialisasi kelas jauh ini kepada para wali murid kelas 3 saat ini. Menurut Eduarken, Pendaftaran kelas jauh akan di buka pada tahun ajaran baru mendatang. “Untuk tempat pendafatraannya bisa di sekolah induk (SMA Negeri 1) atau di SMP Negeri Buay Rawan,” tegasnya.

 

TEKS          : FTRIANI

EDITOR      : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster