Warga Tanjung Batu Simpan Kepala Rusa Hingga Radio Kuno

 568 total views,  2 views today

Salah satu benda antik yang masih dimiliki  warga | Dok KS

Salah satu benda antik yang masih dimiliki warga | Dok KS

INDERALAYA – Rumah Nuriah di Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), tidak seperti rumah kebanyakan orang.

Pasalnya, rumah panggung berusia 50 tahun ini dihiasi berbagai macam benda-benda antik berumur puluhan tahun. Sebut saja radio kuno, guci kuno, sterika arang maupun hiasan kepala hewan yang saat ini sangat langka ditemui.

Bahkan ada yang sampai memiliki sampai tiga zaman (belanda, jepang dan orde baru). Tak jarang, banyak para kolektor memburu barang tersebut dengan iming-iming berharga tinggi.

Sebagai benda yang bernilai seni, benda-benda tersebut masih tersimpan dan terpajang dengan rapih walaupun terkadang debu dan kotoran hingap menempel seiring usia benda yang kian usang.

“Benda – benda ini murni sebagai pajangan yang tidak mudah diperjualbelikan. Banyak kolektor benda antik menginginkannya,” tuturnya, kemarin.

Bahkan, ada beberapa kolektor yang menawarkan dengan harga tinggi untuk sebuah barang antik. “ Para kolektor barang antik juga sempat berkeliling mendatangi rumah warga yang mempunyai aneka benda antik tersebut, tetapi ternyata kebanyakan dari warga tidak berniat untuk menjualnya,” ujarnya.

Warga berkomitmen, lanjutnya, untuk tetap merawat dan memelihara barang antik tersebut dan tidak akan diperjualbelikan.

Benda yang memiliki nilai historis kebanyakan dari mereka engan untuk memperjualnya walaupun ada kebutuhan secara mendadak.

“Dari sini jelas terlihat bahwa penghargaan masyarakat akan benda yang bernilai seni itu masih sangat tinggi. Bukti ini terlihat dengan masih tersimpannya dengan rapi benda – benda antik tersebut,” pungkansya.

 

Teks     : Subhan Noviandi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster