Pemkab Empat Lawang Siapkan 50 Hektar Bibit Talas Jepang Gratis

 870 total views,  2 views today

Ilustrasi Bibit Talas Jepang | Ist

Ilustrasi Bibit Talas Jepang | Ist

EMPAT LAWANG – Pengembangan budidaya talas Jepang di Kabupaten Empat Lawang dilakukan bertahap. Pada masa percobaan 2015 ini, pemkab Empat Lawang menjanjikan bibit talas jepang secara gratis, dengan pendeplotan sebanyak 50 hektar.

“Tahap awal percobaan kita gratiskan, silahkan masyarakat yang ingin mengembangkan budidaya talas jepang,” kata Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri (HBA) kemarin.

HBA meyakini, jika pada tahap percobaan membuahkan hasil maksimal, maka sistem bididaya akan dikembangkan massal. Pemkab Empat Lawang imbuhnya, akan tetap menggratiskan bibitnya bagi petani dan masyarakat akan mengembangkan budidaya talas tersebut.

Orang nomor satu di Empat Lawang ini mencontohkan Kabupaten Bantaeng, kedepan kata HBA ia optimis dengan kultur tanah yang subur di Empat Lawang mampu mengembangkan budidaya talas Jepang. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat terutama petani, dengan komoditi ekspor luar biasa.

“Hasilnya nanti, petani langsung menjual ke pemerintah, tidak lagi dengan para tengkulak,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Badan Penyuluh Pertanian Perternakan Perkebunan dan Ketahanan Pangan (BP3KP) Empat Lawang, H Fadhilah Marik mengakui, pada tahap awal pengembangan percontohan budidaya talas seluas 50 hektar.

Budidaya talas dikembangkan di 10 kecamatan ini, telah dilaksanakan sejak Desember 2014. Harapannya kata Fadhilah, dengan suksesnya pengembangan budidaya talas akan langsung jalin kerjasama dengan pihak Jepang.

“Ini masih proses, Insya Allah Maret atau April nanti baru ketahuan sukses atau tidaknya pengembangan budidaya talas kita,” ungkapnya.

Lanjut H Fadilah Marik, pengembangan budidaya talas ini tidak dapat dinilai ketika belum masuk bulannya, baik itu penilaian tanah mana yang layak maupun tumbuhannya.

Namun, lanjut Fadhilah, pihaknya terus memotivasi para petani maupun penyuluhnya agar pengembangan budidaya talas tahap awal ini sukses, sehingga jalinan kerjasama dengan Pemerintah luar negeri Jepang yang difasilitasi Kabupaten Bantaeng dapat terlaksana.

“Kita berharap budidaya talas jepang bisa sukses, sudah tidak sabar menunggu hasil panen perdananya,” tukasnya.

 

TEKS         : SAUKANI

EDITOR     : FJ ADJONG

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster