Pelatih Kiper Sriwijaya FC ini juga Penggemar Burung Kontes

 981 total views,  2 views today

Haryono, Pelatih kiper Sriwijaya FC

Haryono, Pelatih kiper Sriwijaya FC

PALEMBANG – Di balik kepiawaiannya sebagai juru latih penjaga gawang, Haryono, pelatih kiper Sriwijaya FC ternyata seorang penggemar burung kontes. Umumnya, burung kontes ini adalah burung pengicau.

Dikatakan Haryono, kesukaannya terhadap hewan bertulang belakang yang punya bulu dan sayap ini karena suaranya (berkicau). Namun ketertariknnya ini tak terlepas karena hobi orang tua yang suka memelihara burung ketika ia masih berusia dini.

“Saya suka burung itu sejak kecil, karena orang tua saya juga hobi burung. Kalau mulai mengoleksi burung itu baru sejak tahun 2007 sampai sekarang,” ungkap pelatih asal Pati, Jawa Tengah itu.

Terhitung sejak 2007 bersama Persija Jakarta, Haryono mengungkapkan hanya memiliki sekitar 20 ekor burung dengan berbagai nama. Mulai dari cocak rowo , murai batu , cocak ijo , kenari , lovebird , jalak suren , blackthroat. Namun setelah hengkang ke SFC, satu persatu burung tersebut berkurang.

“Yang sekarang masih  di rumah Jakarta tinggal (burung) lovebird, ada enam pasang. Yang lain ada dititipkan sama teman, ada juga yang dijual,  karena gak ada yang merawatnya. Kan sekarang di Palembang,” ujarnya.

Kesukaan Haryono terhadap burung berlanjut pada kontes. Pelatih yang juga anggota  TNI Angkatan Laut Kompi Markas Brigader 2 Marinir itu, kerapkali mengikutsertakan burung-burung kesayangannya pada kontes burung di Jakarta beberapa waktu lalu.

“(Burung) kenari saya sudah  tiga kali juara pertama, dan dua kali juara dua waktu kontes di Jakarta kemarin,” ungkap mantan kiper Persija Jakarta 1986-1996.

Hasrat untuk memelihara burung ternyata tidak berhenti setelah bersama SFC. Bahkan Haryono telah berburu burung di pasar burung Palembang. “Saya sudah cari di pasar, tapi belum ada yang cocok,” pungkas pelatih berusia 51 tahun itu.

 

TEKS       : IQBAL

Editor     : Junaedi Abdillah 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster