Hadapi MEA 2015, SMK Gandeng Industri

 215 total views,  2 views today

PALEMBANG – Guna menunjang pelajaran siswa yang dilaksanakan di kelas, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Palembang bekerja sama dengan beberapa Industri di Palembang, seperti industri perhotelan, restoran, ketring, busana, dan butik.

Elis Suryani, Wakil Kepala Bagian Humas SMKN 6 Palembang mengatakan, hingga saat ini pihak sekolah terus melakukan kerja sama dengan pihak industri, dikarenakan dalam setiap semester, siswa selalu diberikan kesempatan untuk mempraktkikan ilmu yang telah di dapatkan di sekolah.

“Kita akan terus mengupayakan untuk bekerja sama dengan industri. Untuk sekarang, SMKN 6 telah bekerja sama dengan beberapa hotel, restauran dan catering,” katanya kepada Kabar Sumatera, Selasa (10/2).

Menurut Elis, hal ini dilakukan, agar para siswa yang telah menyelesaikan sekolahnya di SMKN 6 Palembang, dapat mandiri dan siap untuk terjun di dunia kerja. Sebab karena telah melaksanakan praktik selama proses belajar, apalagi pada tahun 2015 akan memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Tentu hasil dari kerjasama ini dilakukan, agar anak bisa mandiri setelah lulus,” ujarnya.

Elis menjelaskan, selama ini 50 persen siswa lulusan SMKN 6 Palembang, telah Bekerja dan tersebar di beberapa industri dan perusahaan, khususnya yang ada di Kota Palembang, dan 50 persennya lagi melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. “Alhamdulillah, sebagian dari mereka yang sudah tamat langsung bekerja, namun ada juga yang masih melanjutkan pendidikannya yang lebih tinggi,” ujarnya.

Apalagi untuk memasuki MEA 2015, tentu Indonesia membutuhkan tenaga lulusan SMK untuk bersaing dengan sejumlah negara Asean lainnya. Inilah yang membuat pihak sekolah terus melakukan terobosan untuk meningkatkan kualitas siswa.

Elis meyakinkan, bahwa memasuki MEA 2015, SMK Negeri 6 telah siap, karena jauh sebelum direncanakan MEA , SMK telah menghasilkan lulusan siswa yang berkualitas. “Kita tetap yakin, karena selama ini juga kita telah menghasilkan anak yang memang benar-benar siap diterjunkan di masyarakat,” tutupnya.

TEKS        : ANDI HARYADI

EDITOR    : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster