DPRD Pagaralam Soroti Jembatan Ambruk

 411 total views,  2 views today

Pondasi Jembatan Roboh di Terusan Baru. | Dok KS

Pondasi Jembatan Roboh di Terusan Baru. | Dok KS

PAGARALAM – Terkait ambruknya jembatan Selangis Kecil, Kelurahan Rebah Tinggi Kecamatan Dempo Utara hingga puluhan meter, Minggu (8/2) lalu, mendapat perhatian serius para anggota DPRD Kota Pagaralam. Mereka meninjau langsung lokasi peristiwa tersebut, kemarin.

Wakil Ketua I DPRD Kota Pagaralam, Dedi Stanza bersama sejumlah anggota dewan lainnya sempat heran ketika melihat kondisi seluruh badan jembatan dimaksud bisa ambruk hingga dasar sungai.

“Masyarakat jelas mengalami kesusahan dengan adanya kondisi seperti ini mengingat fungsi jembatan yang ada merupakan jalur utama transportasi yang menghubungkan beberapa dusun yang ada di Pagaralam Selatan dan Dempo Utara,” ujar Dedi.

Meski begitu lanjut politisi Partai Gerindra ini, pihaknya akan segera mendesak Pemerintah Kota Pagaralam agar segera mempercepat perbaikan jembatan dimaksud, mengingat fasilitas umum ini begitu berkaitan kepada perekonomian masyarakat setempat.

“Setidaknya dibuatkan terlebih dahulu jembatan darurat,” katanya seraya menegaskan akan terus mengawal upaya perbaikannya.

Ditambahkan Zifeni Amir anggita dewan lainnya, selain mendesak upaya perbaikan, pihaknya pun mendesak Pemerintah Kota setempat agar dapat menertibkan para penambang pasir ilegal di kawasan tersebut.

“Bisa jadi kalau jembatan ambruk akibat maraknya aktivitas penambangan yang tidak terkendali diseputar daerah tersebut,” kata Zefeni seraya meminta agar pemerintah dapat cepat tanggap memperhatikan hal itu.

Diketahui bangunan jembatan yang menghubungkan Dusun Cawang Baru, Jangga, Tanjung Pasai dan Sandar Angin Kecamatan Dempo Utara dengan Dusun Tanjung Payang Kecamatan Pagaralam Selatan ini membuat arus kendaraan mesti berbalik arah karena kerusakan pada bangunan sama sekali tidak bisa dilintasi kendaraan.

Terkait hal itu, Wakil Walikota Pagaralam Novirzah Djazuli SE didampingi Plt Kepala Dinas PU Hariadi Razak ST MM serta Kasi Jembatan dan Jalan Dinas PU Kota Pagaralam Indra Gunawan, langsung kroscek ke lokasi.

“Dalam waktu dekat akan segera lakukan perbaikan terhadap kerusakan jembatan yang ada. Jembatan Selangis Kecil ini merupakan akses menuju sejumlah pemukiman warga yang ada di Kecamatan Pagaralam Selatan dan Kecamatan Dempo Utara,” kata Novirzah seraya menegaskan untuk dana perbaikan jembatan ini ditafsir sekitar Rp 1 miliar.

 

TEKS        : ANTONI STEFEN

EDITOR     : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster