Ada Ornamen Songket di Terowongan Underpass Simpang Patal

20 total views, 3 views today

Pembangunan Underpass simpang Patal, Palembang. Underpass pertama di kota Palembang ini akan dioperasionalkan awal maret mendatang. | Foto : Bagus Kurniawan

Pembangunan Underpass simpang Patal, Palembang. Underpass pertama di kota Palembang ini akan dioperasionalkan awal maret mendatang. | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Balai Besar Pelaksaaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah III, Aidil Fitri mengatakan, sepanjang terowongan underpass akan di cat dengan ornamen songket sebanyak 28 buah sisi kanan dan kiri

“Sekarang sudah rampung 100 persen, tinggal penyelesaian sedikit lagi,”katanya, Selasa (10/2).

Menurut Aidil, ornamen songket tersebut dibuat dari campuran semen dan GRC, kemudian ditempel dengan lem khusus yang tahan cuaca apapun serta, tidak akan merusak konstruksi dinding underpass.

“Nantinya dibuat dengan jarak lima meter untuk tiap ornamen yang dibuat,”katanya.

Sedangkan, untuk bagian dinding luar, sambung Aidil, juga akan ditempel ornamen songket yang sudah dicetak untuk mempercantik tampilan dinding underpass.

“Setelah semua pekerjaan selesai dan underpass sudah dapat beroperasi, maka bisa diletakkan sejumlah tanaman di bagian atas dan diserahkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang,”katanya.

Aidil menjelaskan, saat ini pekerja underpass tinggal menyelesaikan pekerjaan tambahan seperti, pengecatan dan pengerjaan ornamen di dinding terowongan. Sebutnya, beberapa hari lalu, dinding bagian luar underpass sudah dicat dengan warna dasar putih.

“Nah sekarang, pekerja mulai mengecat bagian dinding luar dengan cat pelapis berwarna merah merah tua (Maroon). Sedangkan, dinding diafragma bagian dalam terowongan sedang dikerjakan dengan ornamen motif songket, bunga dan lainnya,”bebernya.

Ditanya kapan operasional underpass ? Aidil menjawab, pihaknya masih menunggu umur beton mencapai 28 hari. Karena pengecoran baru dilakukan 17 Januari lalu.

“Kemungkinan tanggal 14 Februari nanti umur beton maksimal, sehingga aman untuk dilalui. Namun, pengerjaan ornamen bagian dalam harus diselesaikan dulu, kalau tidak ada hambatan underpass dapat sepenuhnya beroperasional di awal Maret,”tutupnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR      : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com