Rutan Kelas 1 Palembang Over Kapasitas

 1,160 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Banyaknya tindakan aksi kriminal di Kota Palembang yang semakin merajalela baik kasus korupsi, narkotika, maupun kriminal lainnya membuat Rumah Tahanan (Rutan) kelas 1 kota Palembang tak mampu lagi menapung tahanan. Rutan ini pun saat ini over kapasitas.

“Harusnya Rutan kelas 1 Palembang, itu bisa menampung tahanan sebanyak 700 tahanan, namun nyatanya jumlah tahanan sekarang berjumlah 1243 orang dari semua kasus yang ada. Jadi, sekarang ini tahanan Rutan melebihi kapasitas,” ungkap Yulius Nawawi, Kepala Rutan kelas 1 Palembang di kediamannya, Senin (9/2).

Ucap Yulius, bila ingin dikalkulasikan, maka jumlah tahanan sesuai dengan pelanggaran yaitu, Tipikor sebanyak 75 orang, narkotika sebanyak 501 orang, dan umum sebanyak 667 orang.

Namun, kata Yulius, belum ada rencana kedepan untuk menambah ruang tahanan trapi akan direncanakan kedepanya karena melihat tahanan melebihi kapasitas. Jika masalah penjagaan dan diperlakukakan juga sama, cuma yang membedahkannya hanyalah blok tahanan.

Walaupun mereka di dalam tahanan tapi mereka mempunyai kegiatan terutama belajar tentang agama, setiap paginya melakukan senam kecuali Jumat dan Sabtu, dan setiap paginya juga memutar ayat-ayat Alquran agar mereka bisa menghapal, tapi kami juga tidak memaksa, bagi yang mau tidur ia silahkan.

“Agar mereka lebih sadar dan dekat dengan tuhannya, jadi kalau mereka punya nasib keluar dari mejadi lebih baik dari sebelum nya dan tidak akan mengulangi kembali perbuatan yang melanggar aturan negara dan banyak merugikan orang banyak ,” ungkap Yulius.

Yulius berharap, kedepannya agar tindakan kejahatan di Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang berkurang dari sebelumnya bahkan jangan ada lagi.

“Agar Kota Palembang menjadi lebih tenang, aman, dan damai,” tutupnya.

 

TEKS       : CHANDRA WAHYUDI

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster