Perajin Kayu di Tanjung Batu Banyak yang Berusia Prodktif

16 total views, 3 views today

Salah satu pengrajin kayu saat sedang membuat lemari pesanan pelanggan. | Foto : Subhan Noviadi

Salah satu pengrajin kayu saat sedang membuat lemari pesanan pelanggan. | Foto : Subhan Noviadi

INDERALAYA – Selain dikenal sebagai daerah perajin emas dan perak, di Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), juga banyak terdapat usaha pertukangan kayu.

Bisnis tersebut saat ini cukup menggiurkan seiringan dengan banyaknya masyarakat yang gemar mengoleksi hasil ukiran kayu yang berasal dari berbagai jenis kayu.

Hal ini pun banyak ditekuni remaja usia produktif dengan kisaran usia 15-25 tahun.

Habibullah, warga Tanjung Batu, pemilik usaha kayu mengatakan, dibeberapa daerah seperti Kelurahan Tanjung Batu, Tanjung Batu Seberang ataupun Desa Tanjung Atap, keahlian bertukang didapat secara turun temurun.

“Bila tidak lagi melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi, kebanyakan profesi inilah yang ditekuni sebagai mata pencaharian. Bahkan tidak sedikit yang dalam jangka waktu yang singkat mereka dapat menguasai ilmu pertukangan secara sempurna,” ungkapnya, kemarin.

Ia menambahkan, usaha yang di rintis pada awal mulanya belum begitu ramai, tetapi berkat ketelatenannya dalam mengerjakan pesanan akhirnya secara perlahan usahanya tersebut menjadi maju dengan banyaknya pesanan dari para pelangan.

“Biasanya pelangan dibuatkan jendela kayu untuk penambahan perlengkapan rumah. Bahkan ada juga yang menganti jendela lama dengan yang baru,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam pengerjaannya biasa meminta bantuan pegawai yang baru belajar dalam proses pengerjaannya, tetapi walaupun demikan peralatan yang dikerjakan tidak kalah dengan tukang yang sudah mahir.

 

Teks     : Subhan Noviandi

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com